nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Menyusui Ini Panik Warna ASI Berubah Jadi Pink, Bercampur dengan Darah?

Vessy Frizona, Jurnalis · Jum'at 26 Januari 2018 14:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 26 481 1850600 ibu-menyusui-ini-panik-warna-asi-berubah-jadi-pink-bercampur-dengan-darah-AIWe0YmODu.jpg Ilustrasi (Foto: Allthatsmom)

SEORANG ibu menyusui asal Australia panik ketika melihat warna (Air Susu Ibu) ASI-nya berubah menjadi pink. Sangking terkejutnya ia merasa seperti hampir terkena serangan jantung.

Wanita Australia yang tidak ingin disebutkan namanya, mengaku merasa aneh ketika sedang menyusui bayi perenpuannya. Bayinya yang baru berusia 16 bulan minta menyusui lebih banyak dari biasanya. Ketika dilihat, ia baru sadar kalau warna ASI-nya sedikit kemerahan dan itu membuatnya cemas.

Meski panik, sesaat ibu menyusui itu tersadar mengapa ASI-nya berwarna pink. Ia baru saja mengonsumsi sandwich salad yang mengandung buah bit. Ia juga meminum jus sayur yang warnanya keunguan dan menghabiskan sisa buah bit kalengan sebagai camilan.

Makanan yang ia konsumsi itu bukan saja mengubah warna air susu, tetapi juga membuat putrinya ketagihan. Setelah menyusui, sang bayi menarik puting ibunya lagi, seolah ingin minum lebih banyak.

(Baca Juga: Kemben Melorot, Puting Payudara Bella Hadid Mengintip saat Runway di Paris Fashion Week)

Menurut keterangan sang ibu kepada Dailymail, Jumat (26/1/2018), kebiasaan putrinya sungguh tak biasa. Ia pun langsung memompa ASI dan memindahkannya ke botol susu, kemudian ia cicipi dan rasanya memang menjadi lebih manis.

Wanita anonim itu pun memajang foto botol berisi susu pink-nya di Breastfeeders di grup Facebook Australia awal pekan ini. Respon ibu lain jelas khawatir. Mereka berasumsi ASI terkontaminasi darah, jadi sangat berbahaya bagi anak.

(Baca Juga: 6 Cara Alami Hilangkan Bau Mulut, Napas Kembali Segar!)

Tapi wanita itu meyakini, warna pink karena ia mengonsumsi buah bit. Selain itu, warna pink juga berdampak pada urine putrinya yang berubah menjadi pink.

Sementara itu, Australian Breastfeeding Association menyatakan di situsnya, "Warna ASI bervariasi. Kolostrum biasanya berwarna kekuningan dan ASI matang biasanya berwarna kebiru-biruan."

Situs ini juga menjelaskan bahwa makanan seperti bit, wortel, squash, labu, sayuran hijau dan rumput laut dan makanan lainnya dengan warna pekat diketahui dapat mempengaruhi warna ASI. Artinya susu masih aman bagi bayi untuk diminum.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini