Kenali Gejala Keracunan Makanan dan Cara Tepat Menetralisir Racun dalam Perut

Maharani Putri Sabillah, Jurnalis · Jum'at 26 Januari 2018 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 26 481 1850618 kenali-gejala-keracunan-makanan-dan-cara-tepat-menetralisir-racun-dalam-perut-l5VC7lePak.jpg Ilustrasi (Foto: Ndtv)

KERACUNAN makanan terjadi saat Anda tanpa sengaja mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kuman, virus, atau parasit lainnya yang bisa berpotensi membahayakan kesehatan tubuh.

Biasanya keracunan makanan terjadi saat Anda makan di luar rumah yang kebersihannya tdak terjaga. Maka dari itu, sebisa mungkin Anda harus bisa menghindari makanan seperti itu. Namun jika terlanjur, lalu Anda merasakan adanya sesuatu yang tidak beres di perut Anda, maka bisa jadi Anda telah keracunan.

Berikut di bawah ini merupakan beberapa gejala yang terjadi saat Anda keracunan, serta hal-hal yang harus dilakukan agar bisa menetralisikran racun tersebut di dalam perut. Simak ulasannya sebagai berikut, sebagaimana telah dilansir dari Ndtv, Jumat (26/1/2018).

Kram perut

Salah satu gejala yang terjadi saat orang mengalami keracunan makanan ialah kram perut. Mereka mengalami rasa sakit di daerah perut karena mengonsumsi makanan yang tidak higienis dan terkontaminasi.

(Baca Juga: 6 Cara Alami Hilangkan Bau Mulut, Napas Kembali Segar!)

Diare

Ini adalah gejala yang paling umum dialami orang saat menderita keracunan makanan. Bakteri, virus, dan parasit yang hadir dalam makananan yang terkontaminasi dapat menyebakan kondisi ini. Anda mungkin mengalami sakit perut dan kehilangan cairan dari tubuh sehingga Anda mengalami dehidrasi.

Muntah

Muntah juga menjadi gejala umum keracunan makanan. Hal ini disebabkan oleh bakteri yang hadir dalam makanan atau air yang terkontaminasi.

Lalu, hal-hal apa yang harus dilakukan saat tubuh mengalami keracunan?

Minum banyak cairan

Selama tubuh menderita keracunann makanan, Anda akan kehilangan banyak cairan akibat muntah dan diare. Maka dari itu, banyak meminum sesuatu akan sangat penting untuk mengganti cairan yang hilang sesegara mungkin. Jika tidak, maka Anda akan menghadapi konsekuensi serius. Beberapa minuman seperti air putih dan teh hitam mampu mentralisirkan racun di dalam tubuh.

(Baca Juga: Kemben Melorot, Puting Payudara Bella Hadid Mengintip saat Runway di Paris Fashion Week)

Mengikuti diet BRAT

Mengikuti diet BRAT setelah keracunan makanan merupaakan cara yang tepat untuk memulihkan keadaan tubuh. BRAT adalah singkatan dari Banana, Rice, Applesauce, dan Toast atau pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang. Alasan mengapa makanan ini direkomendasikan adalah karena makanan ini ringan di perut. Makanan berat dan produk susu harus dihindari setidaknya untuk beberapa saat. Selain itu, perasan jeruk lemon dan daun kemangi juga bisa menetralisirkan racun.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini