nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Catat, Merokok 1 Batang Sehari pun Sudah Picu Penyakit Jantung!

Maharani Putri Sabillah, Jurnalis · Jum'at 26 Januari 2018 18:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 26 481 1850799 catat-merokok-1-batang-sehari-pun-sudah-picu-penyakit-jantung-1YgQrorKI9.jpg Merokok picu serangan jantung (Foto:Ist)

SEPERTI yang kita tahu, rokok adalah benda kecil yang memiliki dampak negatif besar bagi kesehatan. Salah satunya ialah memicu serangan jantung. Sekali terjerat dengan benda mungil ini maka dampaknya bisa seumur hidup.

Jika Anda berpikir bahwa mengisap satu batang rokok sehari tidak akan membahayakan kesehatan Anda, maka Anda salah. Ilmuwan dari Inggris mengatakan bahwa serangan jantung ringan mungkin akan terjadi.

Melansir dari Daily Mail, Jumat (26/1/2018), para periset telah menemukan bahwa mereka yang mengisap rokok sehari sekali maka sudah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke sekira 50 persen. Kondisi ini sama saja dengan mereka yang mengisap 20 batang rokok dalam sehari.

BACA JUGA:

Kenali Gejala Keracunan Makanan dan Cara Tepat Menetralisir Racun dalam Perut

Lebih tepatnya, para pria yang mengisap satu batang rokok sehari memiliki 46 persen peningkatan risiko penyakit jantung dan 41 persen pemicu stroke dibandingkan dengan orang yang sebagai non-perokok.

Kajian lebih dari 140 studi ilmiah yang dipimpin oleh Profesor Allan Hacksaw dari UCL Cancer Institute di University College London, menyatakan bahwa tidak ada tingkat merokok yang aman untuk penyakit kardiovaskular.

“Perokok harus berhenti merokok untuk mengurangi risiko kedua penyakit umum tersebut, bukannya mengurangi jumlah rokok,” jelasnya.

Di antara 100 orang yang merokok 20 batang dalam sehari, kira-kira 7 orang dari jumlah tersebut mengalami serangan jantung atau stroke. Sementara, pada 100 orang yang merokok 1 batang sehari, maka 3 orang juga akan mengalami serangan jantung atau stroke.

Sementara pada wanita, menunjukkan bahwa wanita yang mengisap 1 batang rokok per hari memiliki hampir sepertiga dari risiko penyakit jantung dan stroke yang terkait dan berhubungan dengan merokok 20 batang per hari.

BACA JUGA:

Ibu Menyusui Ini Panik Warna ASI Berubah Jadi Pink, Bercampur dengan Darah?

Dalam editorial terkait, Kenneth Johnson dari University of Ottawa menyatakan bahwa risiko kardiovaskular tinggi disebabkan karena merokok walau dengan berapapun jumlahnya. Intinyam tidak ada jumlah merokok yang aman.

“Meskipun merokok ringan, merokok sesekali, dan merokok lebih sedikit, itu semua membawa risiko penyakit kardiovaskular yang besar. Hanya penghentian total yang benar-benar ketat yang ditekankan dengan semua tindakan pencegahan dan kebijakan,” jelas Johnson.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini