5 Tips Usir Rasa Mual di Pagi Hari saat Hamil Muda

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 27 Januari 2018 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 26 481 1850827 5-tips-usir-rasa-mual-di-pagi-hari-saat-hamil-muda-RaaPJFHmeU.jpg Ilustrasi (Foto: thedoctor)

HAL yang lumrah terjadi bagi seorang ibu hamil mual-mual. Bahkan, pada beberapa kasus, yang mual tidak hanya si ibunya, tapi sampai berimbas ke ayahnya juga. Dua-duanya ngidam dan itu tentunya sangat menggangu aktivitas.

Kondisi semacam ini tentunya tidak bisa juga dianggap lumrah atau wajar. Pasalnya, ketika Anda terlalu sering merasa mual atau sampai muntah, tentunya itu akan menggangu kesehatan Anda. Mual-mual ini juga sangat kurang baik pada mereka yang memiliki masalah maag sebelumnya, karena kondisi tubuhnya akan semakin buruk.

Nah, yang menjadi masalah berikutnya adalah rasa mual ini bisa datang kapan saja. Jadi, tidak ada tuh yang namanya jadwal mual dalam kehamilan. Anda bisa mual ketika bangun tidur, atau sedang di perjalanan menuju kantor, atau juga bisa saat makan siang. Bahkan, bisa juga terjadi saat Anda bersiap-siap ingin tidur.

Anda yang mengalami masalah ini tentunya ingin sekali terbebas dari itu semua. Namun, bingung bagaimana caranya karena sekali lagi, orang-orang menganggapnya itu sebuah hal wajar dan tidak perlu dipusingkan. Nah, kalau Anda memang ingin menyiasati rasa mual itu, Okezone punya rahasianya.

Dikutip dari Health and Parenting, berikut 5 hal yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rasa mual saat hamil, khususnya di pagi hari yang bisa memengaruhi mood Anda seharian

1. Jahe

Rempah-rempah yang satu ini memang berkhasiat baik untuk tubuh manusia. Di Indonesia sendiri, Anda cukup mudah menemukannya. Biasanya, di dapur rempah yang satu ini tersaji dan siap untuk menjadi obat mual Anda. Perlu Anda ketahui, jahe ini dipercaya ampuh untuk menenangkan perut Anda. Tidak mesti jahe yang ada di dapur, Anda bisa konsumsi teh jahe, kue jahe, atau susu jahe.

2. Makan sebelum bangun dari kasur

Beberapa ibu hamil merasa mual saat mereka bangkit dari kasur dan menuju kamar kecil untuk rutinitas setiap harinya. Nah, aktivitas ini ternyata memicu rasa mual yang berlebih. Untuk menyiasatinya, Anda bisa ngemil biskuit atau roti sebelum benar-benar bangun dari kasur. Hal ini berguna karena saat perut Anda “kosong”, itu akan memicu gula darah rendah dan membuat rasa mual memuncak.

3. Makan sedikit demi sedikit

Kondisi tubuh Anda berbeda sekali ketika tidak hamil dan saat hamil. Perbedaan ini semestinya dipahami betul oleh setiap perempuan dan tentunya sang pasangan. Nah, masalah makan juga ternyata berpengaruh cukup besar pada masa kehamilan. Anda mesti tahu, ketika seorang perempuan hamil makan dengan cara yang sama saat dia hamil, maka wajar kemudian rasa mual itu muncul. Moms, Anda mesti ubah cara makan yang sekaligus itu dengan makan pelan dan tidak lahap. Untuk membantu menyeimbangi perubahan itu, Anda bisa mencoba makan secara rutin tapi sedikit demi sedikit. Sediakan juga makanan ringan yang sehat untuk membantu menurunkan kadar gula darah yang kadang terus meningkat saat hamil.

4. Cukup minum

Mual juga ternyata bisa muncul saat Anda kekurangan air, lho, moms! Jangan pelit minum. Selagi masih ada air putih di dapur, monggo minum dengan benar dan cukup. Ingat, ketika tubuh normal Anda saja memutuhkan cukup air, apalagi saat di tubuh Anda ada manusia lain yang juga membutuhkan asupan gizi dan mineral yang cukup!

5. Makan makanan yang sehat

Stop berlebihan konsumsi makanan yang asin dan manis! Kehamilan yang baik perlu dijaga sedini mungkin. Ketika tubuh Anda terlalu banyak mengonsumsi garam, maka tubuh akan bereaksi dengan rasa mual. Pun juga saat tubuh kebanyakan mengonsumsi gula. Usahakan untuk selalu menjaga asupan makanan dan perbanyak konsumsi makanan sehat.

Semoga tips ini bisa membantu para ibu hamil semua untuk bisa mengontrol rasa mual yang berlebih. Ingat, mual itu terjadi bukan karena “bawaan bayi”, tapi mual itu adalah respon tubuh akan sesuatu yang kurang benar. Benahi dan ubah pola hidup menjadi lebih baik dan sehat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini