nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Tren Babymoon, Kapan Waktu yang Tepat Melakukan Babymoon?

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Minggu 28 Januari 2018 08:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 26 481 1850884 mengenal-tren-babymoon-kapan-waktu-yang-tepat-melakukan-babymoon-T9a13QrBZd.jpg Babymoon (Foto: Travelbydarcy)

BELAKANGAN sedang tren pergi berlibur saat hamil atau lebih dikenal dengan istilah babymoon. Istilah babymoon sendiri diperkenalkan oleh Sheila Kitzinger, seorang penulis buku-buku kehamilan dan kelahiran asal Inggris.

Menurut Kitzinger, babymoon adalah honeymoon sebelum melahirkan si kecil. Babymoon bisa dilakukan sebelum atau sesudah melahirkan. Di masa inilah Anda dan pasangan bisa menikmati ketenangan di tempat-tempat nan indah sebelum menjadi orangtua.

Babymoon menjadi kegiatan yang menarik dan bermanfaat bagi ibu hamil. Kendati demikian pastikan pula agar kesehatan tak menurun selama melaksanakan babymoon. Sebelum melakukan babymoon, sebaiknya ketahui dulu manfaat babymoon untuk ibu hamil dan pasangan.

Pertama, menghilangkan stres. Kehamilan bisa menempatkan Anda pada posisi yang sulit karena produksi hormon yang ebrlipat ganda saat hamil sehingga memengaruhi jalan pikiran dan perasaan Anda. Nah, babymoon bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk melepas penat dan lepas dari rutinitas selama hamil.

Kedua, mempererat hubungan suami istri sebelum kelahiran sang buah hati. Melakukan babymoon bisa jadi kesempatan terakhir bagi Anda untuk melakukan perjalanan romantis bersama pasangan sebelum buah hati Anda lahir.

Lantas, kapan waktu terbaik untuk melakukan babymoon? Menurut American Collee of Obstetrics and Gynecology, waktu yang paling aman untuk melakukan liburan saat hamil adalah pada usia kehamilan 18-24 minggu atau trimester kedua.

Pada saat tersebut, Anda mungkin lebih nyaman untuk melakukan perjalanan jauh. Kondisi kehamilan dan kesehatan Anda pun lebih baik dan stabil dibandingkan pada trimester pertama.

Namun, Anda tetap harus memerhatikan beberapa hal sebelum bepergian saat hamil. Apa sajakah?

Mendapat izin dari dokter sebelum pergi

Ini merupakan hal yang sangat penting. Dokter tentu akan mempertimbangkan kondisi kehamilan Anda, apakah memungkinkan untuk melakukan perjalanan jauh atau tidak.

Cari tempat berlibur yang nyaman dan aman

Rencanakanlah liburan Anda dengan baik bersama pasangan. Mulai dari pemilihan tempat. Karena kondisi Anda sedang hamil, ada baiknya memilih tempat yang dekat saja, misalnya tempat wisata dalam negeri mungkin sudah cukup. Lagipula, akan tidak nyaman jika Anda berada di pesawat, kereta, atau mobil dalam waktu yang lama.

Hindari mengunjungi tempat yang berbahaya bagi ibu hamil

Jika Anda ingin melakukan perjalanan ke luar negeri, cobalah konsultasikan ke dokter apakah Anda butuh melakukan vaksinasi sebelum pergi atau tidak.

Pastikan dokter atau rumah sakit di tempat liburan Anda mudah dijangkau

Setelah menentukan tempat yang ingin dikunjungi, coba cari rumah sakit atau dokter kandungan yang terdekat di sana. Catat nama rumah sakit, alamat, dan nomor telepon rumah sakit. Jadi, bila ada suatu hal yang tidak diinginkan terjadi saat Anda berlibur, Anda sudah tahu akan memeriksakan diri Anda ke mana.

Rencanakan semua hal dengan baik sebelum pergi berlibur

Mulai dari tiket pesawat, hotel tempat menginap, dan tempat-tempat yang ingin dikunjungi (termasuk tempat makan), sebaiknya sudah direncanakan sebelum Anda pergi. Kunjungilah tempat-tempat yang mudah dijangkau dan memberi Anda kenyamanan saat berkunjung. Demikian seperti dihimpun Okezone dari berbagai sumber.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini