Hilangkan Dahaga dengan Es Dawet Selasih Khas Solo, Segarnya Maknyusss

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 29 Januari 2018 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 29 298 1851625 hilangkan-dahaga-dengan-es-dawet-selasih-khas-solo-segarnya-maknyusss-8jFFKHSQyu.jpg Ilustrasi es dawet (Foto:Foodspoting)

SELAIN dikenal dengan kota asal keluarga Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). Kota Solo juga dikenal dengan kulinernya yang lezat dan murah.

Mulai dari nasi liwet, kue Orion, gudeg cakar, nasi angkringan, hingga timlo Solo rasanya memang tidak boleh dilewatkan untuk dicicipi ketika berkunjung ke Solo.

Namun, di balik sederet hidangan khas Solo yang disebutkan di atas. Solo masih menyimpan kuliner lainnya, yang rasanya sayang jika dilewatkan. Salah satunya ialah es dawet selasih.

BACA JUGA:

Makan Siang dengan Kelezatan Ayam Adobo Khas Asia, Mari Bikin

Jika mendengar kata es dawet, selama ini kebanyakan orang awam akan lebih familiar dengan es dawet hijau atau es dawet hitam yang hanya berisi dawet, potongan kecil buah nangka, santan, dan gula merah sebagai pemanis. Namun hidangan es dawet di Solo, hadir sedikit berbeda.

Bagaimana tidak berbeda, es dawet khas Solo hadir dengan tampilan es dawet selasih. Menurut pantauan langsung Okezone, Sabtu (27/1/2018) di salah satu kios es dawet selasih yang berlokasi di dalam salah satu pasar tradisional Gede, Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Kepatihan Wetan, Jebres, Kota Surakarta, bernama Es Dawet Selasih Bu Watik yang buka setiap hari dari pukul 9 pagi hingga 5 sore.

Menariknya, es dawet khas Solo ini berisikan tape ketan berwarna hijau, dawet hijau, selasih, ketan hitam, putih yang dibentuk seperti bubur sumsum, lalu diberi santan, gula merah dan potongan es batu.

BACA JUGA:

Isi Gift Bag Bernilai Ratusan Juta Grammy Award 2018 Ternyata Dipenuhi Camilan!

Untuk bisa menikmati satu mangkuk es dawet selasih yang menyegarkan dahaga ini. Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, karena satu mangkuk es dawet selasih khas Solo ini hanya dihargai Rp9.000 saja.

Nah, jika berkesempatan berkunjung ke kota Solo, jangan lupa untuk mencicipi segar dan manisnya sensasi menikmati semangkuk es dawet selasih di tengah-tengah hiruk pikuk pasar tradisional. Tentunya akan jadi sebuah pengalaman yang mengesankan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini