nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Peralatan Dapur Harus Segera Anda Buang Demi Pola Hidup Sehat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 29 Januari 2018 21:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 29 298 1851864 5-peralatan-dapur-harus-segera-anda-buang-demi-pola-hidup-sehat-cDTtkqacU2.jpg Peralatan dapur yang sudah tidak sehat (Foto:Ist)

KEBERSIHAN merupakan salah satu kunci untuk membuat makanan yang sehat dan lezat. Sayangnya, masih banyak orang yang menyepelekan kebersihan dapur rumah, padahal area ini sangat rentan terkontaminasi bakteri penyakit.

Kebersihan dapur juga tidak hanya terpaku pada benda-benda kasat mata seperti lantai, wastafel, atau bagian dalam lemari. Tetapi juga menyangkut kualitas dan kebersihan peralatan masak yang sering Anda gunakan. Dilansir dari Times of India, Senin (29/1/2018), berikut Okezone rangkumkan 5 peralatan dapur yang harus segera Anda buang untuk menciptakan suasana bersih dan sehat.

 BACA JUGA:

Makan Malam Enak & Murah Meriah di 8 Angkringan Ini

Wajan berkarat

Sebagian besar peralatan dapur terbuat dari logam atau bahan yang mudah berkarat. Apalagi jika Anda telah menggunakannya selama bertahun-tahun. Sayangnya, sebagian orang masih sering menggunakan benda-benda yang telah mengalami korosi untuk memasak. Menurut para ahli, hal ini justru akan mempengaruhi kualitas masakan dan memicu timbulnya penyakit berbahaya seperti tetanus dan infeksi lainnya.

 

Bumbu yang telah lama disimpan

Jika rempah-rempah tidak disimpan dalam wadah kedap udara, kualitas bumbu dapur ini akan berkurang dan cenderung dihinggapi jamur-jamur penyebab penyakit. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membuang bumbu yang sekiranya sudah lama tidak digunakan.

Kantung plastik

Salah satu benda yang sering mengendap atau disimpan terlalu lama di dapur rumah adalah kantung plastik. Benda ini tentu sering Anda dapatkan ketika berbelanja bahan-bahan makanan di supermarket atau pasar tradisional. Terkadang, sebagian orang tidak menyadari bahwa mereka sering menyimpan makanan di dalam kantung plastik. Tindakan ini justru akan membuat kualitas makanan menurun, mengingat plastik mengandung polyethylene atau HDPE yang dapat menyebarkan racun.

 BACA JUGA:

Gara-Gara Sandwich di Kutub Selatan, Pendaki Ini Diserbu Komentar Pedas Netizen

Pisau

Pisau dapur umumnya terbuat dari baja dan sedikit karbon pada bagian tepinya. Bahan karbon ini diperlukan agar mata pisau tetap tajam meski telah digunakan secara rutin. Perlu diketahui, bahan karbon ini akan bereaksi pada makanan jika telah digunakan dalam waktu yang lama. Jadi, setiap 4-5 tahun sekali, Anda disarankan untuk mengganti pisau di dapur rumah.

Minyak goreng

Menurut ahli kesehatan, penggunaan minyak goreng yang berulang-ulang ternyata tidak menyehatkan. Hal ini akan meningkatkan kadar kolesterol yang bisa menyebabkan kanker, menyerang sel-sel di dalam organ tubuh, bahkan bisa mengontaminasi sel darah putih sehingga akan memengaruhi kekebalan tubuh Anda.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini