Cari Tahu Aturan Minum Air Mineral dan Air Isotonik yang Benar

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 29 Januari 2018 19:23 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 29 481 1851847 cari-tahu-aturan-minum-air-mineral-dan-air-isotonik-yang-benar-Cs3U9sWHNe.jpg Ilustrasi (Foto: Muddy Race)

SETIAP harinya setiap orang membutuhkan asupan air mineral. Kebutuhan masing-masing orang berbeda. Jenis kelamin, usia, dan pekerjaan ikut memengaruhi jumlah air mineral yang harus diterima tubuh.

Menurut seorang ahli di bidang kesehatan, Dr Aninda Perdana, B.med, Sc, anak-anak usia sekolah membutuhkan air mineral paling tidak 6 gelas sehari atau sekira 1,5 liter. Sedangkan orang dewasa membutuhkan paling tidak 8-10 gelas sehari atau sekira 2 liter.

"Pada orangtua lanjut usia, di atas 60 tahun kebutuhan air mineralnya kembali seperti anak-anak. Kemudian untuk seseorang yang bekerja di bawah paparan sinar matahari atau terkena panas lebih banyak tentu membutuhkan jumlah air yang lebih banyak," tutur Dr Aninda yang juga Health Marketing Manager Danone AQUA saat ditemui dalam sebuah acara, Senin, 29 Januari 2018 di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

Tak hanya itu, orang-orang yang senang berolahraga seperti atlet juga membutuhkan asupan air mineral yang lebih banyak agar terhindar dari dehidrasi. Dijelaskan oleh Dr Aninda, beberapa orang yang melakukan aktivitas fisik lumayan sering mungkin akan lebih memilih meminum minuman isotonik. "Hal itu tidaklah salah. Tapi yang harus diperhatikan adalah gaya hidupnya, jangan sampai hasil yang diinginkan malah tidak sesuai," tambah dokter berambut panjang itu.

Menurutnya, untuk orang-orang yang berolahraga intensitas ringan di bawah satu jam hanya perlu mengonsumsi air mineral biasa saja untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Sedangkan untuk mereka yang berolahraga intensitas ringan hingga berat dan di atas satu jam baru boleh meminum minuman isotonik karena membutuhkan garan.

"Saya sarankan untuk minum isotonik yang berasap dari air kelapa hijau, itupun yang asli. Perlu diingat minuman isotonik itu mengandung gula, apalagi yang di dalam kemasan. Kalau minumnya berlebihan jadi tidak ada yang bakar, jadi olahraga jadi percuma kesannya," jelas Dr Aninda.

Masih ada aturan yang harus diperhatikan yaitu mengenai cara mengonsumsi air mineral. Dr Aninda tidak menganjurkan untuk meminum kebutuhan air sekaligus karena bisa mengakibatkan perembesan cairan di plasma. "Sebaiknya minum 1-2 gelas sekali minum atau kira-kira 500 ml," tutupnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini