nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trik Merebus Telur Sampai Matang, Dijamin Tidak Gagal!

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 30 Januari 2018 12:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 30 298 1852051 trik-merebus-telur-sampai-matang-dijamin-tidak-gagal-BAay1qHgpV.jpg Merebus telur (Foto: Pickypalate)

SAAT merebus telur, tak sedikit orang mengeluhkan gagal matang. Biasanya bagian kuning telur tidak matang sempurna, sehingga jadi kurang nikmat dimakan.

Mungkin benar, memasak telur rebus adalah keterampilan memasak yang penting. Meski terkesan sepele, sering kali orang gagal membuatnya.

Dua masalah paling umum yang banyak dihadapi orang saat merebus telur yakni kuning telurnya masih mentah, atau malah kulit telur tidak bisa dikelupas dengan baik.

Dengan membaca trik berikut ini, dijamin Anda tak gagal merebus telur. Tingkat kematangan telur jadi sempurna, hingga akhirnya nikmat dimakan.

Simak langkah-langkah merebus telur hingga matang sempurna. Berikut ulasannya untuk Anda, dilansir Thedailymeal, Selasa (30/1/2018).

Langkah 1

Tempatkan telur di dalam panci, tutup dengan air dingin, lalu letakkan panci di atas kompor. Cara terbaik adalah menggunakan telur yang masih baru, artinya jangan gunakan telur yang disimpan lama di kulkas. Telur itu cenderung kulitnya menempel di membran telur, sehingga saat matang jadi sulit dikelupas.

(Baca Juga:  10 Nama Paling Hits untuk Calon Anak Ketiga Kate Middleton dan Pangeran William)

Langkah 2

Rebus telur di dalam air sampai mendidih. Begitu sudah mendidih hingga keluar gelembung, lalu matikan kompor. Tutup panci dan lepaskan uap panasnya. Biarkan telur matang sempurna, sekira 9-12 menit lamanya. Pasti dengan cara ini telur bisa matang dan masaknya bisa benar.

Langkah 3

Setelah 12 menit didiamkan, keluarkan telur dari air panas dan masukkan ke dalam semangkuk besar air dingin untuk menghentikan prosesnya. Turunkan suhu telurnya supaya gampang dikelupas kulitnya. Telur jadi tidak hancur karena lebih keras saat dikuliti.

(Baca Juga:  Viral! Foto Kakek Memeluk Kucing Peliharaan Setelah Kehilangan Semua Harta Menyayat Hati)

Langkah 4

Pecahkan cangkang telur agar gampang dikelupas kulitnya. Sisa telur lainnya tetap letakkan di mangkuk berisi air dingin. Cara ini bisa melonggarkan kulit dan putih telurnya. Mulailah menguliti dengan benar dan pastikan tidak hancur.

Langkah 5

Voila! Telur rebus telah dimasak dan dikelupas kulitnya dengan sempurna. Telur itu siap dimakan, dengan tambahan sedikit taburan garam. Atau mungkin Anda bisa mencampurkan telur tumbuk ke dalam sepiring salad agar tambah nikmat!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini