nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Buah Ini Memiliki Kandungan Gula yang Sangat Tinggi

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 30 Januari 2018 15:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 30 298 1852202 5-buah-ini-memiliki-kandungan-gula-yang-sangat-tinggi-8gPAFcEFSL.jpg Ilustrasi (Foto: Fruitnet)

JIKA Anda diberi sebuah pisang dan apel, kira-kira buah mana yang lebih banyak mengandung gula? Meski kedua buah-buahan ini termasuk jenis makanan sehat, salah satu buah-buahan tersebut ternyata mengandung lebih banyak gula, meski kandungan kalorinya cenderung rendah.

Menurut para ahli, apel berukuran normal lebih banyak mengandung gula dibandingkan pisang dengan ukuran yang sama. Tapi bukan berarti pisang menjadi pilihan yang lebih baik.

Kebanyakan orang tidak sepenuhnya mengerti bahwa gula tidak selalu buruk untuk kesehatan. Faktanya, dibutuhkan konsumsi gula yang berlebihan sebelum tubuh mengalami reaksi atau masalah kesehatan.

Nah, jika selama ini Anda merasa khawatir akan kandungan gula pada buah-buahan, berikut Okezone rangkumkan 5 jenis buah dengan kadar gula tertinggi, yang wajib Anda ketahui. Sebagaimana dilansir dari The Daily Meal, Selasa (30/1/2018).

Anggur

Secangkir anggur merah ternyata mengandung 15 gram gula. Beberapa jenis anggur bahkan memiliki rasa yang lebih manis seperti cotton candy grapes yang berarti buah tersebut memiliki lebih banyak kandungan gula.

 (Baca Juga: Cicipi Manis Lembutnya Tiramisushi, Dessert Langka di Jepang Selama Valentine)

Ceri

Tidak banyak yang tahu bahwa buah-buahan yang dikeringkan ternyata lebih banyak mengandung gula. Contohnya adalah ceri. Mengonsumsi sepertiga cangkir ceri kering sama saja dengan mengonsumsi 30 gram gula. Bandingkan jika Anda mengonsumsinya saat masih segar. Secangkir ceri segar ternyata hanya mengandung 20 gram gula. Kendati demikian, buah ini dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung zat antioksidan dan senyawa anti-inflamasi.

Mangga

Selain durian, mangga merupakan buah favorit yang sangat disukai oleh penduduk yang berada di kawasan Asia Tenggara. Tapi jangan salah, mengonsumsi satu buah mangga sekaligus sama saja mengonsumsi 46 gram gula. Total kandungan tersebut jauh lebih banyak daripada olahan donat pada umumnya. Untungnya, sebagian restoran hanya menyajikan mangga dengan takaran satu cangkir atau setengahnya.

Leci

Buah eksotis ini umumnya dijadikan bahan tambahan untuk membuat minuman segar atau menu masakan Thailand. Dengan tekstur kulit berwarna merah merona dan kasar, serta bagian dalam berwarna putih bersih, leci termasuk buah yang memiliki rasa sangat manis apalagi jika dikonsumsi dalam kondisi matang. Benar saja, secangkir leci ternyata mengandung hampir 30 gram gula. Kendati demikian, buah ini juga mengandung lebih dari 100% vitamin C yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

  (Baca Juga: Trik Merebus Telur Sampai Matang, Dijamin Tidak Gagal!)

Buah ara

Menurut para ahli gizi, buah ara adalah buah yang paling banyak mengandung gula. Bayangkan saja, buah ara berukuran sedang kandungan gulanya bisa mencapai 8 gram. Sedangkan mayoritas tempat makan atau restoran menyajikannya dalam jumlah empat buah sekaligus. Berarti Anda akan mengonsumsi 32 gram gula dalam satu porsi buah ara. Meskipun makanan ini termasuk dalam kategori buah-buahan, buah ara tidak diperuntukkan untuk para vegan karena mereka dipenuhi oleh lebah mati.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini