nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Belajar Seputar Kopi di 3 Coffee Shop yang Instagramable, Bikin Kenyang & Betah!

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 31 Januari 2018 08:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 30 298 1852293 belajar-seputar-kopi-di-3-coffee-shop-yang-instagramable-bikin-kenyang-betah-8SB50e86u0.jpg Rekomendasi tempat minum kopi di jakarta (Foto:Ilustrasi/Shutterstock)

MUMPUNG  baru gajian, sehabis makan siang nanti melipir dulu ke coffee shop bareng teman dekat. Coba-coba icip aneka kopi dan aneka penganan ringan yang menutup sempurna makan siang Anda.

Di sekitaran Kuningan, Jakarta Selatan, banyak tempat nongkrong berbasis coffee shop baru yang sedang hyped. Harganya juga terjangkau, enggak bikin is kantung cepat habis.

Menariknya, tempat-tempat tersebut asyik buat belajar tentang dunia kopi hingga menjajal masakan khas Aceh yang autentik. Ada juga coffee shop dengan desain kafenya Instagramable. Satu lagi, ada warkop kekinian yang punya menu minuman kopi yang mantap, mi instan zaman now, atau icip-icip roti bakarnya.

BACA JUGA:

Makan Malam Makin Lahap dengan Ayam Goreng Pop Tulang Lunak dan Perkedel Jagung Kacang Polong

Tak usah bingung jika Anda ingin mencari tempat kumpul bareng teman yang seru seperti itu. Okezone beri rekomendasi khusus untuk Anda lewat rangkuman berikut, yang ditulis Rabu (31/1/2018).

 

Fakultas Kopi

Sudah pasti para pekerja kantoran di sekitar Kuningan atau Setiabudi tahu lokasi ini. Sesuai namanya, Fakultas Kopi tak sekedar tempat yang asyik untuk ngopi saja, tapi Anda bisa mengenal aneka jenis kopi pilihan dari Aceh, atau belajar bikin kopi dengan teknik manual brew dan kegiatan lainnya yang unik.

Usut punya usut, tempat ini jadi titik bertemunya orang Aceh yang tinggal di Jakarta. Tak heran kalau kita melihat daftar menunya ada banyak pilihan kuliner khas Aceh, termasuk kopi khasnya.

 

Okezone mulai jatuh cinta dan betah berlama-lama menghabiskan waktu di sini. Sambil menyeruput babysanger jelang malam hari. Rasa manis dan asamnya espresso arabika Aceh Gayo pas banget di mulut. Okezone beri bintang lima deh untuk minuman ini.

Sekedar tahu, sanger adalah kopi khas Aceh dengan racikan espresso dan susu kental manis yang berbeda. Budaya minum sanger pasti selalu diterapkan oleh orang-orang di Aceh. Jadilah tempat ini mengenalkan budaya tersebut untuk pelanggan barunya di ibu kota. Soal harga enggak usah khawatir, segelas kecil babysanger cuma dibanderol Rp17 ribu saja. Bahkan, kalau kesana sebelum sore hari, Anda cukup membayar Rp15 ribu ditambah bonus kue timpan yang lembut di mulut.

 

Selain babysanger, ada juga teknik manual brew yang bisa diseruput berdua bareng teman nongkrong. Okezone mencoba biji arabika Aceh Gayo premium dengan taste istimewa. Ditambah potongan leci yang menjadikan kopi itu rasanya manis, tapi tak mengurangi kenikmatannya.

Selain kopinya, kalau perut lapar, Anda bisa menyantap seporsi ayam tangkap dan nasi putih, ditambah kuah sup ikan yang cenderung pedas. Dijamin nafsu makan jadi tambah besar setelah ayam tangkap tersaji di meja. Kalau tidak mau kebanyakan porsinya, Anda juga bisa menjajal nasi campur khas Aceh dengan lauk ikan tongkol goreng, sambal dan kuah sup ikan. Rasanya juga tak kalah enak, seperti ayam tangkapnya lho.

Lucky Cat Coffee and Kitchen

Nama Lucky Cat Coffee and Kitchen sudah pasti dikenal oleh pencinta kuliner atau kopi yang berburu kafe Instagramable. Tempat ini ada sekira dua tahun belakangan dengan desain tempat unik yang ada di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Bahkan, lokasi ini diklaim menjadi penggebrak coffee shop konvensional baru di sekitar situ. Banyak juga menu yang ditawarkan di sana. Tapi umumnya tujuan pertama pengunjung yang datang ke coffee shop ini yaitu foto-foto.

Saat datang ke lokasi, Okezone melihat tempatnya ramai sekali. Pengunjung dari berbagai kalangan datang silih berganti. Tapi asyiknya tempat ini bukanya 24 jam, jadi Anda tak perlu khawatir berlama-lama di sana hingga larut malam.

Desain kafenya benar-benar Instagramable dan bikin mata jatuh hati saat berkunjung kesana. Maka tak heran kalau melihat banyak pengunjung cari spot foto yang keren. Malahan, sering ada pengunjung, terutama kaum hawa yang sengaja dressed up untuk datang ke coffee shop ini lho.

 

Menu wajib yang harus dicoba saat singgah kesana yakni ice long black, piccolo atau flat white. Tapi jika ingin mencoba minuman lainnya boleh juga. Harganya dibanderol sekira Rp35 ribu belum dengan pajak. Sebagai teman minum kopi, Anda juga bisa membeli aneka pastry dan cake. Okezone menjajal tiramishu cake yang lembut banget.

Kalau lapar berat, Anda juga bisa makan malam dengan menu roasted chicken andalannya. Yang ada di bayangan Okezone saat itu hanya sekedar ayam bakar dengan saus barbekyu biasa. Tapi saat seporsi roasted chicken disajikan di meja, tampilannya sangat menggugah selera.

Roasted chicken disajikan dengan traditional French style dengan sayuran hijau, baby potato dan saus tomat segar. Saat mendarat di mulut, dagingnya juicy ditambah saus tomatnya asamnya pas sekali. Seporsinya dibanderol Rp65 ribu belum dengan pajak. Sampai sekarang, saking enaknya rasa makanan ini, bikin terngiang-ngiang di otak.

Warunk Upnormal

Belakangan ini Warunk Upnormal jadi tempat nongkrong kekinian yang sedang hyped di Jakarta. Banyak sekali outlet franchise warkop kekinian ini, tapi tak semua lokasi enak dijadikan tempat singgah.

Okezone sempat mampir ke sini di waktu senggang, sembari menyelesaikan pekerjaan di sore hari. Lokasinya ada di Plaza Festival, Kuningan. Pasti Anda tahu dong tempatnya karena mudah dicari.

Kalau penasaran dengan tempat ini, basic-nya adalah warkop kekinian yang menjual ragam minuman kopi, mi instan dan roti bakar. Tapi racikannya berbeda dari tempat lainnya, ada resep tersendiri yang disajikan di tempat ini.

 

Kebetulan Okezone mencicipi racikan kopi Gayo Aceh yang menjadi signature drink di sana. Espresso double siap menemani sore sembari menyelesaikan tugas yang tertunda. Slurpp, saat menyeruput segelas kecil espresso, rasa asam cenderung kuat dan menempel di lidah. Sangat mantap dan jarang sekali mencicipi kopi enak di tempat seperti ini. Selain espresso, ada juga signature coffee yang dibanderol dengan harga murah. Kopi si eko namanya alias es kopi susu yang ditambahkan brown sugar supaya manis. Pastinya juga bisa melepas dahaga di tengah cuaca panas.

BACA JUGA:

Ingin Makan Es Krim Padahal Lagi Diet? Simak 4 Tipsnya

Kalau lapar dan ingin mengganjal perut, Anda bisa memesan roti bakar dengan tekstur yang lembut dan sedikit gurih karena dibalur telur kocok. Roti bakar cokelat sore itu bisa menjadi pendamping minum kopi yang enak. Di samping itu, tempat ini juga punya aneka menu mi instan yang dimasak dengan resep kekinian. Ada banyak pilihannya yang bisa dicicipi antara lain mi instan kuah keju yang gurih, mi instan sambal matah yang pedasnya tersisa di lidah, hingga menu nasi ayam geprek dengan sambal yang menggoda.

Pulang dari sana, sampai rumah tidak usah makan malam lagi. Karena makan sekaligus ngopi di sana enak dan mengenyangkan. Juga, enggak bikin isi kantung cepat habis. Bagaimana, tertarikkah mampir ke salah satu coffee shop recomended tersebut?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini