nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

FestInFest 2018, Akan Ada 100 Event Festival di Indonesia Tahun Ini

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 30 Januari 2018 22:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 30 406 1852331 festinfest-2018-akan-ada-100-event-festival-di-indonesia-tahun-ini-Yy1mUwoHF8.jpg Festival Kora-Kora di Ternate (Foto: Utami/Okezone)

TAHUN ini, semarak festival akan terasa di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini tak lain karena akan ada 100 event dan 10 national event yang akan digelar di seluruh wilayah Nusantara.

Untuk mengawali festival yang akan digelar tahun ini, Kementerian Pariwisata menggelar Festival Indonesia Festival (FESTInFEST) 2018 yang berlangsung pada 30-31 Januari 2018. Bertempat di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jalan Medan Merdeka Barat, berbagai pemerintah daerah memamerkan event unggulannya masing-masing.

Mengangkat tema Visit Wonderful Indonesia (ViWi) 2018: Celebration of Life, FESTInFEST dibuka dengan table top di hari pertama. Acara ini digelar untuk mempertemukan seller (pelaku pariwisata setempat) dan buyer (penyelenggara festival).

 (Baca Juga: Indahnya Taman Laut Perairan Meko Flores Timur)

Sebanyak 100 event yang masuk ke dalam Calender of Event telah dikurasi oleh tim kurator terpilih. Termasuk Dynand Fariz yang dikenal sebagai penggagas Jember Fashion Carnaval (JFC). JFC sendiri saat ini berada dalam tiga besar karnaval terbaik di dunia.

"Pesan Pak Presiden kuratornya harus sangat bagus. Dari segi fashion, musiknya, harus kelas dunia," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Selasa (30/1/2018).

Lebih lanjut, Arief menekankan bahwa ini adalah pertama kalinya Indonesia memiliki jadwal Calender of Event. Jika tahun-tahun sebelumnya hanya sebatas agenda dan bulan, tahun ini, seluruh event yang masuk ke dalam Calender of Event telah dilengkapi dengan tanggal pelaksanaan.

Menteri kelahiran Banyuwangi ini menegaskan, seluruh event tersebut akan dilaksanakan sesuai tanggalnya dan tidak lagi bergantung pada ada atau tidaknya pejabat yang datang. Dari 100 event tersebut, terbagi atas tiga kategori.

"Dari top 100 event, 60 itu event budaya, 30 event alam dan buatan, 10 khusus "Bali baru"," jelasnya.

Arief Yahya memuji Jember Fashion Carnaval yang saat ini diakui sebagai salah satu karnaval terbaik di dunia. Dengan adanya tanggal yang telah ditetapkan sejak awal tahun, ia berharap banyak wisatawan yang mempersiapkan tiket pesawat dan hotel sejak dini.

Selain JFC, Arief juga mengapresiasi kota Solo yang memiliki event 56 per tahun. Dengan adanya berbagai festival yang ada di kota Solo dan berbagai kota lainnya di Indonesia, maka dampak sustainable development diharapkan dapat terjadi.

 (Baca Juga: Aneh, Pulau Tak Berpenghuni Ini Selalu Diselimuti Awan Tebal)

"Suistainable development soal alam, budaya dan ekonomi ini balance. Pakai 3P Planet, People (budaya), dan Prosperity (kesejahteraan)," lanjutnya.

Di bulan ini, akan ada 2 festival yang digelar, yakni Festival Pulau Penyengat di Kepulauan Riau dan Festival Bau Nyale Mandalika di Nusa Tenggara Barat. Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural, Esthy Reko Astuti mengatakan, event yang masuk ke dalam agenda tahunan ini memiliki patokan angka kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara.

"Pada saat kita menentukan 100 event, ada semacam kriteria yang kita minta untuk setiap event, berapa mereka harus mendatangkan wisman dan wisnus," pungkasnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini