nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Catat! Ini 7 Lokasi untuk Saksikan Super Blue Blood Moon Gratis di Jakarta

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Rabu 31 Januari 2018 03:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 30 406 1852391 catat-ini-7-lokasi-untuk-saksikan-super-blue-blood-moon-gratis-di-jakarta-3fS7UvPau2.jpg Fenomena Super Blue Blood Moon (Foto: Businessinsider)

HARI ini, fenomena langka nan cantik, Super Blue Blood Moon akan terjadi dan dapat disaksikan dengan mata telanjang di berbagai wilayah di Indonesia. Tak terkecuali Jakarta.

Fenomena ini bertepatan dengan Gerhana Bulan Total, yaitu saat posisi matahari, bumi, dan bulan berada pada satu garis lurus. Dapat dibilang ini adalah fenomena langka karena akan terulang lebih dari 100 tahun di Amerika. Sedangkan di Indonesia, Super Blue Blood Moon terakhir terjadi pada 30-31 Desember 1982.

Kepala BMKG, Dr. Dwikorita Karnawati, Ph.d menjelaskan bahwa pengamatan ini dapat dilihat secara ideal dari daerah perbatasan mulai dari perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur hingga daerah yang berada di sebelah Barat Sumatera, yaitu melintas di Samudera Hindia yang berada sebelah Barat Sumatera yang merupakan zona bulan terbit saat fase gerhana penumbra berlangsung.

 (Baca Juga: Kota Bogor Siap Jadi Tuan Rumah Pesta Cap Go Meh 2018)

Di Jakarta, salah satu lokasi yang paling favorit dijadikan tempat menyaksikan Gerhana Bulan Total adalah Taman Ismail Marzuki (TIM), di mana terdapat planetarium. Hal ini tentu membuat TIM sudah bisa dipastikan akan dipenuhi pengunjung sejak sore hingga malam hari. Tapi tenang dulu, karena tidak hanya TIM yang bisa dikunjungi.

Menurut informasi yang dihimpun dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, ada 7 tempat yang bisa Anda kunjungi secara gratis untuk menyaksikan Super Blue Blood Moon. Anda bisa mulai menyaksikan fenomena ini sejak pukul 17.00 hingga 23.00 WIB. Simak ulasannya sebagai berikut:

  (Baca Juga: 12 Lampion Shio Siap Hiasi Kota Amoy untuk Meriahkan Imlek)

1. Planetarium Taman Ismail Marzuki

2. Monumen Nasional

3. Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan

4. Taman Fatahillah

5. Kepulauan Seribu

6. Taman Mini Indonesia Indah

7. Taman Impian Ancol

Anda cukup membayar gerbang Ancol untuk menikmati gerhana bulan di pinggir pantai.

Saksikan Live Streaming fenomena gerhana bulan total di Okezone.com dan Facebook official Okezone.com.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini