nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hasil Riset, 1 dari 4 Anak Indonesia Kurang Minum

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Selasa 30 Januari 2018 09:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 30 481 1852006 hasil-riset-1-dari-4-anak-indonesia-kurang-minum-UAqSmb86xB.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Tak hanya menyegarkan, minum air putih juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, mulai membantu membersihkan racun, mencegah perut kembung, menjaga sistem kekebalan tubuh hingga membuat kulit lebih cerah.

Namun, berdasarkan riset di 13 negara yang dipublikasikan European Journal of Nutrition, satu dari empat anak di Indonesia masih kurang minum, di mana 30% yang dikonsumsi bukanlah air putih. Karena itu bayi dan anak-anak rentan mengalami kekurangan cairan tubuh.

"Milenial saat ini ada penelitian, anak yang cukup sama nggak cukup minum dan hasilnya ada efek pada kognitif untuk proses belajar mengajar. Kurang minum juga efeknya ke kesehatan lain, jangka panjang kalau kurang minum ngaruh ke fungsi ginjal," kata Health Marketing Manager Danone Aqua Dr Aninda Perdana B. Med Sc saat jumpa pers di Jakarta, Senin (29/1/2018).

Selain itu, remaja dan dewasa sehat memerlukan air sebanyak dua liter per hari. Namun data menunjukkan 40% orang dewasa dan 36% remaja di Indonesia belum memenuhi asupan hidrasi yang cukup.

Tak hanya kurang minum, masyarakat Indonesia juga banyak yang belum menyadari pentingnya mengetahui jenis air minum yang sehat dan aman untuk dikonsumsi.

"Air layak minum itu nggak berbau, nggak berasa, nggak mengandung mikroorganisme. Air harus ada mineralnya. Tubuh membutuhkan mineral dari air. Kalau dari sayur, cara memasak yang terlalu panas, mineral akan menguap. Karena itu penting untuk minum air yang higienis dan berkualitas," tandasnya.

(ris)

Berita Terkait

Seputar Dehidrasi

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini