nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tips Makan Daging yang Sehat Bebas Lemak

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 30 Januari 2018 12:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 30 481 1852047 5-tips-makan-daging-yang-sehat-bebas-lemak-jsdFcnRrMb.jpg Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

BILA Anda mencari sumber protein, daging bisa menjadi salah satu pilihan utama Anda. Tapi saat mengonsumsinya, ada hal yang harus diingat.

Makan daging apapun nutrisinya hampir sama. Anda harus tahu dan tidak boleh melewatkannya setiap hari. Protein paling tinggi ada pada daging sapi, ikan dan ayam. Semua jenis protein nabati itu pasti dikenal oleh banyak orang.

Daging bisa diolah menjadi apa saja yang pasti membangkitkan nafsu makan. Anda tak perlu bingung mengolahnya dan kreasikan sesuai keinginan.

Ahli nutrisi membeberkan tips yang aman dan sehat ketika Anda makan daging dalam kehidupan sehari-hari. Simak ulasannya berikut, dilansir Thehealthsite, Selasa (30/1/2018).

Memilih daging yang segar saat membeli

Saat membeli daging pastikan mencari yang segar. Secara kasat mata kelihatan sekali ciri-cirinya. Daging tampak warnanya tidak pucat, tidak kusut bentuknya, dan tampak tidak berair saat dipegang. Kalau beli daging segar pasti Anda terhindar dari risiko keracunan hingga diare.

(Baca Juga:  Viral! Foto Kakek Memeluk Kucing Peliharaan Setelah Kehilangan Semua Harta Menyayat Hati)

Makan daging tanpa lemak

Anda harus terbiasa makan daging tanpa lemak. Karena daging itu cenderung mengandung lemak jenuh yang berlebihan. Kandungan lemak tinggi dalam daging, telah lama dikaitkan dengan diabetes dan penyakit jantung. Untuk mencegah kemungkinan efek samping dari daging ini, sebaiknya hilangkan lemak yang terlihat di bagian serat daging.

Hilangkan lemaknya

Makan daging yang sehat pasti jangan sertakan kulit dan lemak yang menempel di serat daging. Hilangkan lemaknya saat membeli daging. Hal itu bisa menyebabkan Anda mendapatkan lemak jenuh yang berlebihan. Apalagi kalau Anda suka makan daging setiap hari, karena butuh asupan proteinnya.

(Baca Juga:  10 Nama Paling Hits untuk Calon Anak Ketiga Kate Middleton dan Pangeran William)

Saat masak, tambahkan sedikit garam ke dalam daging

Saat membumbui daging, cukup tambahkan sedikit garam saja. Lalu, tambahkan aneka rempah yang bisa bermanfaat saat dikonsumsi. Cukup lumuri daging dengan air lemon agar rasanya tambah juicy dan lezat saat dimasak. Jika Anda menambahkan garam berlebihan, pasti dampaknya terlalu banyak asupan natrium yang masuk ke dalam tubuh.

Gunakan metode memasak yang tepat

Jika Anda sudah memilih daging yang segar, pastikan dimasak dengan benar. Cukup tambahkan sedikit minyak dan mentega saat memasak daging. Gunakan metode seperti mengukus, merebus atau memanggang daging yang rasanya pasti lezat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini