nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Sering Terlambat Sekolah, Coba 5 Trik Ini agar Dia Semangat Bangun Pagi

Vessy Frizona, Jurnalis · Kamis 01 Februari 2018 04:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 31 196 1852577 anak-sering-terlambat-sekolah-coba-5-trik-ini-agar-dia-semangat-bangun-pagi-zSg4nfWcpc.jpg Ilustrasi (Foto: Familyshare)

HAMPIR semua ibu merasakan 'kekacauan' di pagi hari. Ibu harus membangunkan anak, menyiapkan sarapan, mengemas kotak makan siang si kecil, dan rentetan tugas-tugas lainnya.

Karena itu, kerusuhan dan drama kecil pasti akan terus terjadi di rumah, apalagi di tambah ulah anak yang sulit bangun pagi sehingga mereka sering terlambat sekolah. Ibu harus berjuang mengantar anak, mengunci pintu, dan mengejar waktu.

Mungkin pagi hari akan lebih indah, bila si kecil bisa bangun sendiri tepat waktu, sarapan sendiri, dan membantu sedikit menyiapkan bekal makan siang mereka. Untuk mewujudkan itu, ibu butuh trik. Melansir dari Familyshare, Kamis (1/2/2018), berikut trik agar si kecil semangat bangun pagi.

Musik

Musik adalah cara yang menyenangkan bagi anak-anak untuk semangat bergerak dan beranjak dari tempat tidur. Gerakan mereka pun dapat membantu bersiap-siap lebih cepat. Coba nyalakan musik yang sedikit menghentak dan mengejutkan agar suasana hati si kecil riang. Dengan musik anak akan semangat dan berlari ke sekolah.

Sarapan pagi

Pastikan ibu punya waktu untuk membuat menu sarapan favorit anak. Bangunkan mereka dengan menu sarapan favorit. Ketika perut anak kenyang mereka akan bertenaga dan bergegas siap ke sekolah. Usahakan sarapan pagi bersama untuk membahas topik seru dan memberi sedikit perhatian.

Siapkan pada malam hari

Keluarkan pakaian seragam sekolah dari lemari, siapkan buku, tas, sepatu, dan ingatkan anak apa yang harus mereka lakukan di pagi hari. Menyiapkan segala keperluan sekolah sejak malam akan mempermulus persiapan di pagi harinya.

Biarkan anak memilih

Bila persiapan dilakukan pada malam hari, biarkan anak memilih apa yang mereka senangi dan membuat mereka semangat ke sekolah. Misalnya memutuskan menu sarapan, pergi ke sekolah naik apa, siapa yang mengantar, hingga di mana dia akan duduk di mobil. Dengan keputusan yang mereka senangi, anak akan lebih termotivasi.

Beri penghargaan

Reward untuk anak-anak yang telah menyelesaikan tugasnya dengan baik dapat memotivasi mereka. Beri reward sederhana seperti stiker bintang, membaca buku cerita 15 menit, waktu main lebih, atau makanan favorit. Cobalah beri reward yang lebih kreatif agar anak-anak semakin semangat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini