Makanan Khas Tahun Baru Vietnam, Ada yang Mirip Ketupat Lho!

Dada Sathilla, Jurnalis · Rabu 31 Januari 2018 11:12 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 31 298 1852538 makanan-khas-tahun-baru-vietnam-ada-yang-mirip-ketupat-lho-SYSIVtdC4E.jpg (Foto: Dada Sathilla/Okezone)

TAHUN baru identik dengan acara makan bersama keluarga. Saat tahun baru Vietnam pun, ada banyak makanan khas tahun baru yang selalu disajikan saat perayaan. Makanannya berbeda dengan makanan tahun baru imlek karena sudah disesuaikan dengan budaya setempat.

Tahun baru Vietnam atau Tet merupakan peristiwa pergantian tahun berdasar kalender bulan serta menandai datangnya musim semi.

Tradisi ini berasal dari tradisi perayaan tahun baru imlek yang berasal dari Tiongkok namun sudah disesuaikan dengan budaya dan tradisi setempat. Tak terkecuali dalam hal makanan. Ada banyak makanan khas yang selalu dan hanya disajikan saat perayaan tahun baru Vietnam, di antaranya:

1. Bahn Chung/ Bahn Tet

Berbentuk kotak dan dibungkus dengan daun pisang, Bahn Chung sekilas terlihat seperti ketupat. Namun makanan wajib tahun baru Vietnam ini sebenarnya kue beras yang terbuat dari beras ketan, kacang hijau, daging babi dan beberapa bahan lainnya.

Bahn Chung, yang disebut Bahn Tet di Vietnam bagian selatan menjadi makanan utama tahun baru Vietnam karena makanan ini bisa bertahan lama dalam cuaca buruk di Vietnam. Bila disimpan dalam suhu ruangan, Bahn Chung bisa bertahan hingga hampir sebulan.

2. Sosis Vietnam

Sosis Vietnam atau Gio Cha merupakan makanan khas tahun baru Vietnam lainnya yang biasanya disajikan bersama ketan dan Bahn Chung. Sosis Vietnam dibuat dengan cara merebus daging tanpa lemak kemudian diberi saus ikan dan dibungkus dengan daun pisang. Selanjutnya tinggal direbus lagi selama beberapa jam. Sosis Vietnam bisa dibuat dari berbagai macam daging yaitu ayam, babi atau sapi.

(Baca Juga: Pulau Ti Top, Ajang Plesiran Santai di Vietnam)

3. Ketan

Dianggap sebagi makanan penting saat tahun baru karena ketan juga dijadikan persembahan bagi leluhur saat tahun baru. Ada berbagai macam ketan yang disajikan saat tahun baru Vietnam diantaranya ketan dengan kacang hijau dan ketan dengan kacang. Namun yang menjadi favorit adalah ketan dengan buah gac karena berwarna merah yang menyimbolkan keberuntungan dan pencapaian baru. Ketan biasa disajikan bersama ayam rebus atau Che (dessert berupa sup).

(Baca Juga: Tidak Perlu Bingung Mencari Makanan Halal di Vietnam, Berikut Rekomendasinya)

4. Ayam rebus

Termasuk makanan penting saat tahun baru Vietnam karena ayam rebus juga dijadikan persembahan ke leluhur. Biasanya ayam rebus dibuat dengan cara merebus ayam kemudian menyajikannya utuh di meja makan. Ada pula yang mengirisnya dulu. Ayam rebus disajikan bersama Bahn Chung dan ketan. Sesuai tradisi, ayam rebus juga disajikan bersama irisan daun lemon serta saus garam dan lada.

5. Mut atau manisan buah

Makanan penutup atau snack yang disajikan saat tuan rumah menjamu tamu yang datang ke rumahnya. Mut biasanya ditaruh dalam kotak yang menarik dan ditaruh di meja ruang tamu. Mut terdiri dari buah kering dan biji - bijian seperti biji buah labu, biji semangka dan kuaci. Banyak juga yang mulai mengganti mut dengan manisan yang lebih modern seperti cake dan permen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini