Pria Tertua di Dunia Meninggal Dunia, Ini 2 Makanan yang Selalu Dikonsumsinya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 31 Januari 2018 20:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 31 298 1852814 pria-tertua-di-dunia-meninggal-dunia-ini-2-makanan-yang-selalu-dikonsumsinya-sY5CfyTeHY.jpg Francisco Nunez Oliviera semasa hidup (Foto: AFP)

BEBERAPA hari lalu, Francisco Nunez Oliviera, meninggal di usia 113 tahun. Menurut pengakuan kerabat terdekat, pria tertua di dunia itu dikabarkan meninggal dalam kondisi sehat tanpa rasa sakit apapun.

Hal tersebut tak lepas dari pola hidup sehat yang ia terapkan. Ketika Francisco merayakan hari jadinya yang ke-100 tahun, sejumlah orang bertanya-tanya, apa rahasia di balik panjang umurnya itu.

Setelah ditelusuri, Francisco ternyata menerapkan peogram diet centenarian. Selama masa hidupnya, Francisco selalu mengonsumsi sayuran dan segelas red wine setiap hari.

 (Baca Juga: Intip Gaya Aryan Khan yang Ketampanannya Tak Kalah dari sang Ayah)

Menurut Daily Mail, Oliviera lahir di Bienvenifa, Badajoz, Spanyol pada tahun 1904. Ia tinggal di kota tersebut sepanjang hidupnya bersama keluarga dan kerabat terdekat. Beberapa orang berasumsi bahwa kunci panjang umur Oliviera terletak pada kualitas sayuran yang ia konsumsi. Sayuran tersebut merupakan produk lokal yang tumbuh dan dibudidayakan di kota asalnya.

Sebagai pelengkap, ia juga selalu mengonsumsi segelas anggur merah setiap hari. Untuk menu sarapan, Oliviera mengonsumsi sepotong sponge cake yang terbuat dari minyak zaitun dan segelas susu sapi segar.

 (Baca Juga: Sukses Bikin David Beckham Suka Yoga, Wanita Ini Beberkan Tips Minum Alkohol yang Menyehatkan)

Meski Oliviera dinobatkan sebagai manusia tertua di dunia, beberapa orang di daerah asalnya juga dilaporkan memiliki umur yang panjang, 31 orang di antaranya bahkan telah menginjak usia 90 tahun. Sebagai tambahan, kedua saudara kandung Oliviera juga masih hidup di usia 95 dan 93 tahun.

Lebih lanjut keluarga Oliviera menjelaskan, selama masa hidupnya, ia hanya dua kali di rawat di rumah sakit dan salah satunya untuk keperluan operasi katarak. Pernyataan ini dipertegas oleh putri pertamanya.

"Ia selalu sehat dan tidak mengidap penyakit apapun. Ia meninggal dalam keadaan bahagia tanpa rasa sakit," tukasnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini