nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Dibuang! Kulit Pisang Banyak Manfaatnya Lho

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 01 Februari 2018 09:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 31 298 1852930 jangan-dibuang-kulit-pisang-banyak-manfaatnya-lho-b9Vslc4W81.jpg Pisang (Foto: Shutterstock)

SUDAH menjadi kebiasaan, jika memakan sesuatu yang memiliki kulit pasti kebanyakan orang akan langsung membuang kulitnya.

Begitu juga saat memakan buah pisang bukan? Eits! Jangan salah, ternyata kulit pisang hadir dengan banyak manfaat loh. Sebagaimana dilansir Ndtv, Kamis (1/2/2018) disebutkan bahwa kulit pisang sama sehatnya atau lebih sehat daripada daging buahnya sendiri.

Diketahui lebih lanjut, mengonsumsi kulit pisang bisa mengurangi kadar kolesterol dan mencegah penyakit kardiovaskular dan stroke. Kemudian, sebenarnya apa saja sih manfaat atau kegunaan yang bisa ditawarkan kulit pisang? Berikut ulasan singkatnya:

1. Memutihkan gigi

Gunakan kulit pisang untuk memutihkan gigi, sebab dengan kandungan potasium, mangan dan magnesium yang ada di kulit pisang dapat membantu untuk memutihkan gigi.

 (Baca Juga: Doyan Ngemil saat Belanja? Ingat Pilih 5 Snack yang Sehat)

2. Semir sepatu alami

Kulit pisang bahkan bisa digunakan sebagai semir sepatu alami yang bagus. Caranya cukup tinggal gosokkan bagian dalam kulit pisang ke sepatu dan kemudian bersihkan dengan lap bersih. Voila! Sepatu Anda akan bersih bersinar.

3. Usir jerawat

Sedang timbul jerawat? Gosokkan kulit pisang ke bagian yang berjerawat agar jerawat bisa cepat hilang.

4. Pelunak daging

Tahukah Anda, bahwa kulit pisang bisa berfungsi sebagai pelunak daging? yang perlu dilakukan adalah dengan memasukkan kulit pisang saat Anda sedang membumbui atau memarinasi daging, biarkan sekitar setengah jam. Kulit pisang memberikan kelembapan yang dibutuhkan saat daging dipanggang, sehingga membuat daging panggang jadi kenyal dan lembut.

5. Penghilang rasa gatal

Kulit pisang bisa juga digunakan untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit. Cukup gosok daerah yang gatal dengan kulit pisang, dan Anda bisa perhatikan perbedaannya.

 (Baca Juga: Makanan Khas Tahun Baru Vietnam, Ada yang Mirip Ketupat Lho!)

6. Pupuk

Punya kebun di rumah? Manfaatkan kulit pisang sebagai pupuk kompos, dengan ini bisa dipastikan tanaman akan tumbuh sehat. Cara terbaik adalah mengomposkannya terlebih dulu, di mana hal ini akan membantu tanah untuk bisa mengekstrak nutrisi penting dari kulit pisang.

7. Smoothie

Siapa bilang hanya daging buahnya yang bisa dijadikan smoothie? Kulit pisang pun bisa diolah diblender dan dijadikan smoothie yang lezat loh, atau bisa juga digoreng dan dijadikan camilan gorengan.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini