nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Antusias Lihat Puncak Gerhana Bulan Total, Warga Jakarta Salat Gerhana di Lapangan Futsal Monas

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 31 Januari 2018 21:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 31 406 1852901 antusias-lihat-puncak-gerhana-bulan-total-warga-jakarta-salat-gerhana-di-lapangan-futsal-monas-MHhGQnIMbM.jpg Solat Gerhana Bulan (Foto: Dimas/Okezone)

MONUMEN Nasional (Monas) menjadi salah spot terbaik bagi warga Jakarta yang ingin menyaksikan Gerhana Matahari Total atau Super Blue Blood Moon yang berlangsung hari ini Rabu (31/1/2018). Sejak sore tadi, ribuan warga telah memadati area Monas untuk menyaksikan fenomena langka yang hanya terjadi lebih dari 100 tahun sekali itu.

Seperti diketahui, Unit Pengelola Monas sejak beberapa hari lalu telah mengumumkan bahwa pihaknya akan menggelar nonton bareng fenomena alam super blue blood moon. Kegiatan ini diadakan di atas puncak tugu Monas dan telah disediakan pula lima teropong khusus yang dapat digunakan oleh para pengunjung.

Sayangnya, jumlah pengunjung yang diperbolehkan naik ke atas puncak Monas dibatasi maksimal 2.500 orang per hari. Tak heran jika sebagian besar pengunjung memutuskan untuk menyaksikan fenomena super blue blood moon dari area halaman Monas.

Berdasarkan pantauan Okezone, beberapa pengunjung terlihat asik berfoto bersama keluarga dan kerabat terdekat, sembari menikmati proses gerhana bulan total yang telah berlangsung sejak pukul 18.00 WIB tadi. Puncak super blue blood moon sendiri diperkirakan akan terjadi pada pukul 20.29 WIB, 21.29 WITA, dan 22.29 WIT.

Sebagian pengunjung juga tampak melakasanakan Shalat Gerhana dan Shalat Isya di tempat khusus yang telah disediakan pihak pengelola, tepatnya di lapangan futsal Monas. Sebuah spanduk bertuliskan "Monas Menyediakan Lapangan Olah Raga Sisi Timur Untuk Menunaikan Sholat Gerhana Khusuf Berjemaah dan Tausiah", terlihat menghiasi tempat dilangsungkannya Shalat Gerhana tersebut.

Para pengunjung dapat mengambil air wudhu dari mobil pemadam kebakaran yang sudah disediakan di sekitar area. Setelah selesai melaksanakan Shalat Gerhana, pengunjung langsung mendapatkan camilan ringan berupa buah-buahan, roti, dan air mineral dari para pedagang di Parkir RT Lengggang Jakarta Monas.

"Ini inisiatif dari para pedagang saja. Kita tahunya dadakan, kalau sudah tau dari tadi pagi makanannya mungkin lebih banyak lagi yang kita sediakan," tukas Rosyid kepada Okezone, di Lapangan Futsal Monas, Jakarta Pusat.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini