nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Disangka Sakit Perut, Ini 6 Tanda Terserang Radang Usus Kronis

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 31 Januari 2018 12:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 31 481 1852561 sering-disangka-sakit-perut-ini-6-tanda-terserang-radang-usus-kronis-oAIiAZKKdM.jpg Ilustrasi (Foto: Medicalnewstoday)

PERADANGAN usus kronis bisa saja dialami seseorang, terutama mereka yang tidak menjaga pola makan. Saat menderita penyakit ini dampaknya sangat menyakitkan karena rasanya tidak nyaman.

Rasanya mungkin penyakit ini mudah dialami siapa saja dan terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tak sedikit orang yang sadar dengan penyakit tersebut.

Gejala yang mudah dideteksi, pertama rasanya perut sangat mulas dan diare terjadi terus-menerus. Tapi ketika mengalami hal itu, orang mengabaikannya karena dikira penyakit biasa.

Nah, daripada bingung membedakan rasanya perut mulas dan peradangan usus kronis yang sangat vital. Cari tahu 6 tanda-tanda gejala peradangan usus kronis yang gampang terjadi berikut ini, dilansir Thehealthsite, Rabu (31/1/2018).

Diare

Ciri-ciri awal orang terkena peradangan usus kronis yakni pasien menderita diare. Hal ini tentu karena pengaruh dari sel-sel usus yang membuat orang buang air besar terus-menerus. Anda harus khawatir supaya tidak berakibat menyakitkan.

(Baca Juga: Gerhana Bulan "Super Blue Blood Moon" Bisa Pengaruhi Hubungan Percintaan, Simak Penjelasannya)

Demam

Selain diare, penderita juga akan mengalami demam. Indikasi lain orang akan merasa lelah dan suhu tubuhnya tinggi. Konsultasikan dengan dokter bila mengalami gejala ini untuk pengobatan dini.

Kram perut

Karena diare dan pembengkakan di perut, orang yang menderita peradangan usus mengalami kram perut. Dalam beberapa kasus, disertai juga dengan tambahan gejala perut kembung parah.

Berat badan turun drastis

Karena rendahnya nafsu makan dan tingkat keparahan radang di tubuh, hal itu dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan. Makanya, jangan abaikan penurunan berat badan tanpa Anda sadari. Bahayanya bisa memicu penyakit lain, karena metabolisme Anda rendah.

(Baca Juga: Menanti Gerhana Bulan Total, Terulangnya Fenomena Langka 152 Tahun Lalu)

Mengurangi nafsu makan

Karena saluran pencernaan meradang, ada kemungkinan untuk mengurangi makan. Saat makan, ada beberapa jenis makanan yang malah membuat perut tambah mulas. Jadilah nafsu makan berkurang dan selera makan hilang karena hal ini.

Ada darah di tinja

Dalam kasus yang lebih parah, Anda mungkin juga mengalami darah di tinja. Oleh karena itu, tinja yang longgar dan kram perut dapat mengindikasikan bahwa saluran pencernaan Anda tidak berfungsi dengan baik. Artinya mungkin merupakan tanda peradangan kronis usus yang bisa membuat Anda tidak nyaman.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini