nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Anggap Remeh Dehidrasi, Simak 9 Bahaya yang Bisa Terjadi

Widya Marchellin, Jurnalis · Kamis 01 Februari 2018 05:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 31 481 1852812 jangan-anggap-remeh-dehidrasi-simak-9-bahaya-yang-bisa-terjadi-AgDETbWbJY.jpg Ilustrasi (foto: Fitlife)

PERLU diketahui jika asupan air dalam tubuh tidak terpenuhi, ini dapat membahayakan kesehatan. Mulai dari penyakit ringan sampai berat dapat diakibatkan karena dehidrasi, diantaranya mual, sakit kepala dan gagal ginjal.

Melansir Boldsky, Rabu (31/01/2018) Dehidrasi terjadi ketika seseorang kehilangan cairan lebih banyak dari pada yang diminum sehingga tubuh tidak memiliki cukup air untuk menjalankan fungsi normalnya, sebab 60% tubuh manusia terdiri dari air. Berikut ulasan tanda dan bahaya dehidrasi:

Nafas bau

Jika Anda telah menjaga kebersihan mulut tapi nafas Anda tetap bau maka kenali sebaiknya Anda kenali tAnda tersebut, mungkin itu tAnda tubuh Anda kekurangan cairan. Ini disebabkan karena air liur tidak cukup untuk diminum sehingga mulut kering dan menimbulkan bau mulut.

Kulit kering

Jika kulit Anda terlihat kering baru–baru ini terlepas dari cuaca dan Anda sudah melakukan perawatan kulit mungkin itu diakibatkan karena kekurangan cairan dalam tubuh. Sebab jika cairan dalam tubuh berkurang maka PH kulit akan menurun sehingga kulit kehilangan kelembapan.

Nyeri otot

Biasanya, nyeri otot disebabkan oleh luka, nyeri setelah aktivitas fisik, penyakit tertentu seperti artritis, obesitas, diabetes, dll. Namun, jika Anda memperhatikan bahwa Anda mengalami nyeri otot dan kram, meskipun Anda tidak memiliki masalah kesehatan lainnya, mungkin itu karena dehidrasi. jaringan otot tidak mendapatkan cukup air, mereka menjadi kering dan kaku yang menyebabkan nyeri otot dan kram.

Mengidamkan makanan manis

Bila Anda mengalami dehidrasi, menjadi sangat sulit bagi tubuh untuk menghancurkan glikogen dalam makanan dan melepaskan glukosa. Bila kandungan glukosa tidak cukup dalam tubuh Anda, hal itu menyebabkan Anda menginginkan makanan manis dan gula lebih sering.

Sakit kepala

Sakit kepala adalah salah satu penyakit yang paling umum dialami kebanyakan orang, karena sejumlah alasan berbeda. Misalnya sakit kepala bisa disebabkan oleh kekurangan makanan, istirahat, flu, migrain, stres, dll. Dehidrasi bisa menjadi alasan sakit kepala juga. Hal itu bisa terjadi karena oksigen dalam sirkulasi darah ke kepala menjadi rendah, menyebabkan sakit kepala.

Urine bewarna gelap dan keruh

Warna urine dapat menggambarkan kesehatan tubuh. Jika urine Anda terlihat cenderung gelap dan keruh, bisa jadi itu tanda dehidrasi. Sebab, kekurangan cairan dalam tubuh bisa membuat urine tidak terkonsentrasi dengan baik, sehingga warnanya jadi keruh. 

 

Kulit kendur

Jika kulit Anda terasa kendur dan tidak elastis lagi, maka bisa jadi Anda menderita dehidrasi kronis. Sebab, jaringan kulit tidak terhidrasi dengan baik, kulit kehilangan elastisitas dan mulai menurun sebelum waktunya.

Perubahan suasana hati

Biasanya, orang mengasosiasikan perubahan suasana hati dengan masalah kesehatan seperti depresi, stres, dll juga karena kehamilan atau sindrom pramenstruasi. Namun, banyak penelitian telah membuktikan bahwa n dehidrasi kronis dapat memicu perubahan mood pada seseorang, karena dehidrasi dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.

Mata kering

Kebanyakan orang merasa bahwa kekeringan cairan mata disebabkan karena polusi, bekerja dengan gadget elektronik secara teratur dan sebagainya. Sementara semua masalah ini juga bisa menyebabkan mata kering, dehidrasi juga dapat menjadi penyebab tersembunyi kekeringan mata. Sekali lagi, jaringan mata kehilangan tingkat kelembapan optimumnya bila tubuh tidak terhidrasi dengan baik.

Supaya terhindar dari dehidrasi alangkah baiknya kita selalu mengkonsumsi air minimal 2 liter atau 8 gelas air dalam sehari. Ini juga dapat membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit dan tubuh akan menjalankan fungsinya secara normal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini