nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Langkah Sederhana Cegah Penipisan Rambut Menjelang Usia Senja

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Jum'at 02 Februari 2018 07:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 01 194 1853373 5-langkah-sederhana-cegah-penipisan-rambut-menjelang-usia-senja-PKX8oAJoxi.jpg Mencegah rambut rontok di usia tua (Foto:Idleman)

RAMBUT rontok hingga penipisan rambut merupakan masalah yang kerap dialami oleh hampir setiap wanita. Apalagi bila wanita tersebut berusia semakin tua.

Namun, berapa pun usia Anda, penting adanya untuk menjaga rambut agar tidak rontok sejak dini. Bagaimana caranya? Nah, berikut ini dermatologi spesialis rambut dan kepala, Dr Sharon Wong, memberikan beberapa tips sederhana, seperti dilansir TheSun, Jumat (2/2/2018).

BACA JUGA:

Tak Lagi Glamor dan Dramatis, Tren Kebaya Pengantin 2018 Lebih Klasik

Sampo dan kondisioner

Cara yang paling sederhana adalah rutin mencuci rambut atau keramas. Keramas bertujuan untuk menghilangkan kotor dan minyak pada rambut serta sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Setelah menggunakan sampo, pastikan mengaplikasikan kondisioner yang berfungsi untuk menutrisi helaian rambut. Jangan lupa untuk melakukan perawatan rambut secara rutin, misalnya dalam beberapa pekan.

Tidak berlebihan melakukan styling rambut

Salah satu penyebab rambut rontok adalah kondisi rambut kusut dan patah. Begitu pula dengan penggunaan produk rambut berbahan kimia yang bisa merusak kutikula rambut. Melakukan extension rambut, kepang rambut, menguncir, hingga mencepolnya dengan berlebihan juga bisa mengakibatkan rambut mudah rontok.

Perhatikan nutrisi untuk rambut

Meski rambut berada terpisah dengan tubuh, namun nutrisinya juga perlu diperhatikan. Memang tak ada makanan khusus untuk kesehatan dan kecantikan rambut, tapi pastikan makanan yang Anda konsumsi harus mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Kekurangan nutrisi pada rambut bisa menyebabkan kerontokan hingga penipisan rambut.

BACA JUGA:

Lewat Tas Kesayangan, Tebak Kepribadian Anda!

Hindari stres

Stres juga menjadi salah satu penentu rambut rontok. Untuk menghindarinya, Wong merekomendasikan untuk melakukan relaksasi, seperti yoga dan meditasi.

Perhatikan perubahan hormon

Pada beberapa wanita, perubahan hormon juga memiliki dampak pada rambut. Misalnya, setelah melahirkan atau saat menopause yang berpotensi menyebabkan penipisan rambut.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini