Sarapan Pizza Lebih Sehat daripada Sereal?

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 01 Februari 2018 15:41 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 01 298 1853180 sarapan-pizza-lebih-sehat-daripada-sereal-Le86dsfTul.jpg Pizza Vs Sereal (Foto: Foxnews)

BUKAN rahasia lagi bahwa sarapan adalah salah satu kegiatan paling penting untuk dilakukan di pagi hari. Dengan terbiasa sarapan di pagi setiap harinya, diketahui tubuh akan lebih optimal dalam beraktivitas sepanjang hari, dengan catatan sarapan yang dimakan adalah menu sarapan sehat.

Untuk menu sarapan sehat, biasanya orang tidak jauh-jauh akan menjatuhkan pilihan pada oats, buah-buahan, dan juga sereal. Makanan berlemak seperti pizza, pastinya akan jadi menu makanan yang dihindari bukan?

 BACA JUGA:

Jangan Dibuang! Kulit Pisang Banyak Manfaatnya Lho

Namun, kabar teranyar satu ini mungkin akan jadi angin segar bagi pencinta pizza. Ad apakah gerangan? Sebab, sebagaimana dilansir Foxnews, Kamis (1/2/2018) seperti laporan dari Chicago Tribune, pada Senin lalu, seorang ahli diet sekaligus blogger, Chelsey Amer menimbulkan kegemparan karena mengatakan kepada The Daily Meal bahwa sepotong pizza lebih sehat daripada semangkuk sereal dengan susu. Apa benar?

"Anda mungkin terkejut saat mengetahui bahwa sepotong pizza standar dan semangkuk sereal dengan susu utuh, mengandung kalori dalam jumlah yang hampir sama. Namun, pizza mengandung protein yang jauh lebih besar, yang akan membuat Anda kenyang lebih lama," jelas Chelsey.

Chelsey sendiri diketahui mengetahui dengan jelas, bahwa pizza belum tentu merupakan makanan sehat. Namun menurutnya, pizza hadir sebagai makanan yang lebih seimbang daripada semangkuk sereal dengan susu.

Mendengar hal ini, jangan terburu-buru dulu menjadikan pizza favorit dari restoran langganan Anda menjadi menu andalan untuk sarapan. Sebab, menurut ahli diet dari New York, Keri Gans mengatakan bahwa sereal bisa menjadi pilihan sarapan yang sangat sehat, lebih sehat dari pada pizza, selama Anda paham dalam mengonsumsi sereal tersebut.

"Sereal benar-benar bisa menjadi sarana untuk mendapatkan nutrisi penting ke dalam pola diet makanan untuk bisa memulai hari Anda dengan benar," ungkap Keri Gans kepada The Post.

Hal yang harus dilakukan pertama kali untuk mengonsumsi sereal menurut Keri ialah dengan memilih sereal yang tepat, yakni sereal yang kaya serat karena bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dan mengontrol gula darah.

Sehingga hal ini bisa membantu untuk menjaga nafsu makan sekaligus membantu menghilangkan rasa lapar sampai siang. Keri juga menyarankan untuk memeriksa daftar nutrisi yang ada pada sereal tersebut, jika mengandung 3 gram gula atau kurang, dan setidaknya ada 6 gram serat, maka sereal yang dipilih sudah baik.

Kunci kedua ialah dengan pintar-pintar memilih topping atau pendamping untuk sereal. Dalam mengonsumsi sereal dengan sehat, pilihlah buah-buahan seperti buah beri yang kaya akan kandungan vitamin sebagai topping.

BACA JUGA:

Paparan Sinar Matahari dengan Vitamin B3 Cegah Kerusakan Jantung

Pilihan pintar lainnya, bisa dengan dimakan bersama irisan buah apel, pisang, kacang-kacangan, biji-bijian misalnya chia, atau bahkan yogurt. Dengan sereal ber-topping seperti ini, nutrisi yang didapat akan lebih banyak daripada yang sepotong pizza.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini