nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Cara Cegah Penyakit Batu Ginjal seperti Dialami Irfan Hakim

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 01 Februari 2018 13:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 01 481 1853122 7-cara-cegah-penyakit-batu-ginjal-seperti-dialami-irfan-hakim-pPvs5WnxLJ.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

PRESENTER kondang Irfan Hakim membuat panik banyak orang karena sempat dilarikan ke rumah sakit akibat penyakitnya kambuh. Dalam video di Instagram pribadinya @irfanhakim75, Irfan Hakim menuturkan merasa ginjalnya sakit.

"Penyakit lama saya kambuh kembali, yaitu ginjal saya sakit. Pas diperiksa di USG, rontgen ada batu di ginjal saya, akhirnya tadi pagi setelah dilakukan penembakan, prosesnya satu jam. Setelah dilakukan observasi dokter memutuskan boleh pulang," ungkapnya dalam postingan video Instagram.

Ya, batu ginjal memang bisa menyerang siapa saja, terutama bagi mereka yang kurang minum air putih. Karena itu, salah satu cara untuk mencegah terkena penyakit batu ginjal adalah rajin minum air putih.


Tapi, selain itu, tahukah Anda ada berbagai cara lain yang juga dapat membantu mencegah penyakit batu ginjal? Berikut 7 cara mencegah penyakit batu ginjal seperti yang dialami Irfan Hakim yang dikutip dari laman Boldsky:

Deteksi dini

Pastikan bahwa Anda berkonsultasi dengan dokter jika merasakan sakit perut tak wajar, nyeri saat buang air kecil atau muntah tanpa sebab. Analisis urine atau scan abdomen akan membantu mendiagnosis masalah.

Β Minum cukup air

Hal penting yang harus Anda lakukan untuk mencegah batu ginjal adalah minum air putih cukup. Minum 8 gelas air putih sehari merupakan salah satu cara untuk mencegah batu ginjal. Hal ini akan meningkatkan pembentukan urine dan mengurangi kemungkinan terbentuknya batu ginjal.

Makan buah kaya air

Alternatif lain untuk menjaga tubuh terhidrasi di cuaca panas adalah dengan mengonsumsi buah yang memiliki kandungan kaya air. Semangka bisa dianggap sebagai salah satu di antara daftar teratas buah dengan kadar air tinggi.

Perhatikan makanan Anda

Jika Anda bertanya-tanya cara mencegah batu ginjal, maka perhatikan makanan Anda. Ada banyak makanan yang bisa mencegah pembentukan batu ginjal. Dalam kelompok ini adalah makanan yang kaya akan kalsium, seperti susu dan tomat. Meningkatkan asupan kalsium akan menghasilkan pembentukan kalsium oksalat.

Perhatikan kondisi lingkungan

Menjauhi terlalu lama di bawah terik sinar matahari adalah hal yang penting. Musim panas akan meningkatkan risiko Anda untuk terkena penyakit batu ginjal akibat meningkatkan kehilangan cairan tubuh dalam bentuk keringat. Ingatlah untuk lebih sering minum air putih agar cepat mengganti cairan tubuh yang hilang.

Minum sehat

Hindari minuman dengan kafein, seperti kopi atau teh hitam. Minuman tersebut akan meningkatkan dehidrasi, sehingga mengakibatkan batu ginjal. Minum air lemon merupakan salah satu cara yang baik untuk mencegah batu ginjal, karena sifatnya membuat urine basa.

Batasi oksalat

Jika Anda bertanya bagaimana cara mencegah batu ginjal, maka hindarilah makanan kaya oksalat. Hal ini termasuk makanan seperti cokelat, teh hitam, blueberry, buah ara dan kacang. Inilah salah satu ide terbaik untuk mencegah batu ginjal.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini