nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Fakta Tentang Puting Terbalik yang Harus Anda Tahu

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 02 Februari 2018 01:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 01 481 1853511 6-fakta-tentang-puting-terbalik-yang-harus-anda-tahu-i4YlMRTa5M.jpg Ilustrasi (Foto: Cosmopolitan)

BANYAK orang berpikiran bahwa semua puting wanita selalu menonjol ke luar. Padahal, sebagian wanita memiliki puting yang menjorok ke dalam.

Apa sebenarnya penyebab dari keadaan puting yang sering disebut inverted nipples ini? Simak ulasan tentang beberapa faktanya dilansir dari Cosmopolitan, Jumat (2/2/2018):

Faktor keturunan

Puting yang menjorok ke dalam seringkali terjadi karena keturunan alias genetik. Dr. Adam Kolker menjelaskan bahwa kondisi puting yang terbalik ini terjadi karena duktus lactiferous (saluran kecil yang mengalirkan air susu) yang menebal dan pendek.

 (Baca Juga: Ingin Kulit Tetap Awet Muda? Lakukan Cara Alami Ini)

Dialami 10-20% wanita

Jika Anda termasuk salah satu wanita yang memiliki puting terbalik, jangan khawatir. Sebab, menurut Dr. Anne Peled, MD, ahli bedah plastik dan rekonstruktif di San Fransico mengatakan diperkirakan 10-20% wanita memiliki puting terbalik. Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 1997 tentang wanita menyusui juga menemukan bahwa hampir 10% partisipan memiliki puting terbalik.

Tidak ada masalah

Puting terbalik sejak kecil bukan pertanda dari adanya suatu penyakit tertentu, termasuk kanker payudara. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan hal ini. Dr. Huettner menjelaskan bahwa puting susu terbalik jarang merupakan pertanda kanker. Namun jika puting terbalik terjadi tiba-tiba pada orang yang memiliki puting menonjol, maka perlu diperiksakan lebih lanjut.

Menindik puting agar keluar hanya solusi sementara

Sebagian wanita memilih menindik puting mereka agar keluar, tetapi Dr. Huetnner menjelaskan bahwa kemungkinan besar ini hanya solusi sementara. Menurutnya, ketika tindiknya dilepas, puting bisa tertarik ke dalam kembali. Selain itu, Dr. Nirmal Nathan dari Suria Plastic Surgeons di Miami tidak merekomendasikan tindik untuk puting yang terbalik karena memiliki risiko.

 (Baca Juga: Hadir Celana Jins Aneh Dibuat Mirip Kemben, Tertarik Beli?)

Bisa dibedah namun ada risikonya

Operasi bedah bisa dilakukan untuk memperbaiki puting terbalik. Caranya adalah dengan membagi saluran yang menyebabkan puting tertarik ke dalam. Tapi perawatan ini membuat Anda tidak bisa lagi menyusui.

Lebih sulit menyusui

Memiliki puting terbalik menyebabkan seseorang lebih sulit menyusui. Hal ini karena bibir bayi sulit menempel ke puting yang datar atau terbalik. Untuk mengatasinya, Anda bisa menemui konsultan laktasi untuk mempelajari teknik yang dapat membantu Anda dan bayi.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini