nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tuntaskan Masalah Komedo Membandel dengan 5 Racikan Masker Alami

Tiara Amalina, Jurnalis · Jum'at 02 Februari 2018 15:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 02 194 1853733 tuntaskan-masalah-komedo-membandel-dengan-5-racikan-masker-alami-ezbm2LKYkM.jpg Komedo (Foto: Yesvegetarian)

KOMEDO bisa terjadi karena pori-pori tertutup oleh tumpukan minyak dan kotoran. Ada dua macam tipe komedo, yaitu whiteheads atau komedo yang berwarna putih dan blackheads yaitu komedo berwarna hitam.

Komedo biasanya terdapat di area wajah, diantaranya bagian Y zone (Sekitar hidung dan dagu) juga di pipi bagian depan. Komedo sangat mengganggu, karena kehadirannya akan terlihat dari permukaan kulit nampak seperti bintik-bintik yang menjijikkan. Hal itu juga membuat tekstur kulit menjadi lebih kasar.

Sekarang ini, ada banyak cara untuk menghilangkan komedo, diantaranya bisa dengan menggunakan pore strips, mengekstraksi komedo dengan pergi ke dokter kulit dan lain sebagainya.

BACA JUGA:

Jebak Mafia, FBI Habiskan Lebih dari Rp300 Juta untuk Pesta Makanan Italia

Tapi, tak ada salahnya jika menggunakan bahan alami yang biasanya tersedia didapur. Selain harganya lebih terjangkau dan menggunakan bahan alami, itu dapat mengurangi dampak buruk terhadap kulit.

Melansir WikiHow dan gurl.comada beberapa bahan dapur yang baik digunakan untuk menghilangkan komedo.

Buat masker putih telur.

Pisahkan kuning telur dan putih telur, masukkan putih telur ke dalam mangkuk kecil. Letakkan tisu, kertas toilet atau semacamnya diatas putih telur. Tunggu putih telur mengering, lalu sikat lapisan kedua putih telur diatas kertas atau tisu dan tambah lapisan lainnya. Ulangi terus hingga 3 kali. Biarkan semua lapisan benar-benar mengering, lalu kupas topengnya dengan menggunakan kertas. Cuci dan keringkan wajah Anda untuk membersihkan sisa telur.

Buatlah pore strips dari madu dan susu

Campur 1 sendok teh susu dan 1 sendok makan (14,8 ml) madu dalam mangkuk kecil dan panaskan campuran selama 5-10 detik dalam microwave. Setelah campuran menjadi seperti pasta, biarkan dingin. Sikat pasta di atas wajah Anda dan oleskan selembar kapas bersih dan kering. Biarkan campuran benar-benar kering di wajah Anda. Tarik kapas dan bilas wajah Anda dengan air dingin untuk menghilangkan sisa pasta.

Anda juga bisa menggunakan 1 sendok teh kayu manis dengan 1 sendok teh madu. Anda masih perlu mencampur semuanya sampai membentuk pasta, tapi campurannya tidak perlu dipanaskan. Campuran ini hanya perlu tetap di wajah Anda selama 3-5 menit sebelum Anda melepas strip kapas.

Masker gelatin

Campurkan 2 sendok makan susu dan 1 sendok makan gelatin tanpa rasa. Panaskan di kompor ataupun microwave. Selanjutnya tunggu sampai gelatin benar-benar mencair, kemudian aduk rata. Aplikasikan ke area yang berkomedo dan tunggu sampai 30 menit. Kemudian lepaskan masker dengan cara dikelupaskan.

Campuran madu, air, gula pasir dan baking soda.

Campurkan masing-masing 1 sendok makan dari bahan-bahan tersebut. Campuran akan menjadi anti-blackhead scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Scrub wajah selama 5 menit, setelah itu bilas dengan air hangat dan keringkan wajah. Untuk hasil maksimal, lakukan sekali sehari.

 BACA JUGA:

Saking Lelahnya, Ibu Ini Sampai Tertidur di Atas Mainan Anaknya

Lemon juice

Lemon bisa digunakan utnuk mengangkat kulit mati. Oleskan lemon kewajah setiap malam sebelum tidur didaerah berkomedo dan biarkan sampai pagi. Kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan selama 7 hari sampai tidak ada komedo lagi. Tapi lemon bisa membuat kulit Anda kering, jadi setelah dibilas aplikasikan moisturizer agar kulit tetap lembap.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini