Menikah, Banyak Pengantin Indonesia Ingin Tampil Tradisional

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Senin 05 Februari 2018 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 02 194 1853969 menikah-banyak-pengantin-indonesia-ingin-tampil-tradisional-tfB5jzIifJ.jpg Pernikahan tradisional (Foto:Instagram)

HARI pernikahan menjadi momen penting dan bersejarah bagi seorang wanita. Di hari tersebut tentu mereka ingin tampil cantik dengan make-up yang sempurna.

Karena itu, tak sedikit wanita yang meminta konsep riasan tertentu pada make-up artist-nya. Tidak jarang permintaan itu terilhami akan tren yang tengah berkembang saat ini.

Salah satu riasan wajah yang banyak digemari oleh calon pengantin saat ini adalah bernuansa tradisional atau adat. Ya, meski terkesan sangat bold lantaran menggunakan warna-warna terang nyatanya justru banyak calon pengantin yang menginginkan tampilan tersebut di hari bahagianya.

 BACA JUGA:

Tips Menggunakan Gaun Pengantin dengan Sentuhan Tradisional untuk Wanita Berhijab

Perbedaan riasan wajah pengantin tradisional dulu dengan yang sekarang terdapat perbedaan yang signifikan. Zaman sekarang banyak pengantin tradisional yang menginginkan make-up lebih sederhana dengan warna-warna natural, seperti cokelat.

“Saat ini riasan wajah tradisional sudah bisa dibuat modern. Pemilihan warna foundation kalau sesuai pakemnya mengarah ke warna kekuningan, sekarang shade-nya bisa disesuaikan dengan kulit asli orangnya,” papar Fitri Liza, perias serta pendiri sanggar tata rias dan tata busana tradisional Sanggar Liza, yang ditemui Okezone di kawasan Gatot Subroto, Jakarta.

 

(@FITRILIZA)

Lebih lanjut, riasan mata sentuhan tradisional yang biasanya mengikuti pakem, seperti pengantin Sunda, eyeshadow-nya harus berwarna hijau, atau Solo yang hanya menggunakan eyeshaodow warna coklat, kini bisa dibuat modern.

“Sekarang trennya lebih mengarah kepada warna-warna yang lembut, tidak lagi terlalu bold. Warna-warna yang dipilih saat ini adalah warna tanah, seperti cokelat,” ujar wanita berkacamata itu.

Lantaran zaman sekarang kebanyakan riasan wajah tradisional sudah dibuat lebih modern, calon pengantin tak perlu lagi takut menerapkan make-up bernuansa tradisional di hari istimewanya. Apalagi, menruut Liza, make-up tradisional sebenarnya mirip-mirip dengan make-up pernikahan internasional.

BACA JUGA:

Sadar atau Tidak, 6 Manusia Ini Wajahnya Mirip Sekali dengan Karakter Kartun, Salah Satunya Nicki Minaj!

“Riasan wajah internasional banyak bermain di wing eyeliner, baju mereka warnanya putih sehingga kesannya soft. Kalau tradisional kan busananya memang agak ramai, banyak aksesori, apalagi kalau Jawa ada paes, sehingga make-up terkesan bold, padahal tidak,” jelas Fitri.

Tidak hanya soal riasan, pengantin saat ini khususnya mempelai wanita juga memilih menggunakan gaun pengantin dengan sentuhan tradisional. Tidak terkecuali mereka yang berhijab.

“Sekarang kecenderungan pengantin hijab banyak yang memilih tradisional, ada yang pakai adat Sunda atau Jawa. Mereka tetap bisa pakai paes dan sanggulan, asalkan hijabnya menutupi leher dan telinga,” sambung Fitri Liza.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini