Jangan Buar Air Cucian Beras, Ini Manfaatnya untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Imeida Ulfa Ariyanti, Jurnalis · Jum'at 02 Februari 2018 20:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 02 194 1854015 jangan-buar-air-cucian-beras-ini-manfaatnya-untuk-kecantikan-kulit-dan-rambut-4EJ2kDlltI.jpg Air cucian beras bisa untuk perawatan kecantikan (Foto: Onegoodthingbyjille)

MULAI sekarang, jangan buang air cucian beras. Karena, ternyata air cucian beras yang kita buang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk kecantikan.

Ya, air cucian beras ternyata kaya akan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut Anda. Karena itulah wanita di China, Jepang dan Negara Asia lainnya telah menggunakan air beras sejak berabad-abad lalu untuk mandi dan mencuci muka.

Jadi, mungkin Anda bisa menggunakan air beras untuk perawatan kulit dibanding membeli produk kecantikan yang harganya jauh lebih mahal. Manfaatnya pun tak kalah dari produk kecantikan yang biasa Anda beli.

Berikut manfaat air cucian beras untuk kecantikan kulit dan rambut Anda yang dilansir dari Onegoodthing, Jumat (2/02/2018).

1. Pembersih wajah

Gunakan air cucian beras untuk membersihkan wajah Anda. Cukup basahi kapas dengan air beras dan pijat secara lembut ke seluruh wajah, lakukan hal tersebut selama dua menit biarkan hingga kering. Jika Anda menggunakannya secara teratur wajah Anda akan terasa lembut, kencang dan bercahaya.

2. Toner wajah

Anda dapat menggunakan air cucian beras sebagai toner dengan cara cucilah wajah terlebih dahulu lalu rendam kapas ke dalam air beras dan usapkan pada wajah. Hal tersebut dapat mengecilkan pori-pori wajah dan mengencangkan kulit.

3. Mengurangi jerawat

Adanya sifat anti inflamasi pada air cucian beras juga membantu mengurangi jerawat Jadi bagi anda yang berjerawat bisa mencobanya.

4. Mengobati gatal dan kemerahan

Kandungan pati yang ada pada air beras juga bagus untuk meredakan rasa gatal dan kemerahan pada kulit. Anda bisa melakukannya dengan cara membasahi kain lalu gosoklah pada kulit yang terasa gatal selama dua menit.

5. Meringankan iritasi

penelitian dermatologis pada pasien dengan penyakit dermatitis atopic menyatakan bawha mandi dengan air cucian beras yang dilakukan selama dua hari sekali dapat meringankan penyakit ini.

6. Menyembuhkan kulit yang terbakar

Air cucian beras juga dapat di gunakan untuk kulit yang terbakar sinar matahari. Air cucian sabun akan membantu menyembuhkan dan menghindari kulit Anda dari kerusakan.

7. Menyehatkan dan menguatkan rambut

Membilas rambut dengan air beras akan membuat rambut Anda sehat dan kuat. Caranya setelah menggunakan sampo bilas rambut Anda dengan air beras. Pijatlah secara lembut, dan kemudian bilas lagi dengan air biasa.

8. Sebagai kondisioner rambut

Air beras dapat juga digunakan sebagai kondisioner dengan menambahkan minyak esensial rosemary atau lavender dan usapkan ke rambut secara menyeluruh, diamkan selama 10 menit dan cucilah dengan air biasa.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini