nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hayo! Jawaban Soal Matematika Ini Siapa yang Benar, Murid atau Guru?

Helmi-Tiara-Sukardi, Jurnalis · Jum'at 02 Februari 2018 11:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 02 196 1853654 hayo-jawaban-soal-matematika-ini-siapa-yang-benar-murid-atau-guru-KfWQJO9Vt3.jpg Ilustrasi

SEKOLAH adalah salah satu tempat untuk menuntut ilmu. Guru yang mengajar di dalamnya adalah sumber ilmu yang mana dari mereka generasi penerus bangsa bisa semakin baik kualitas pendidikannya.

Sebetulnya, jika bicara mengenai guru dan pengetahuan, ilmu tidak selalu bisa didapatkan dari sekolah. Anda bisa mendapatkannya dari pengalaman hidup, pengalaman orang lain, atau juga dari sekadar membaca buku. Tapi, sebagai pegangan atau dasar yang baik, sekolah menjadi pilihan utamanya.

Nah, ada satu budaya yang mungkin masih banyak dirasakan di Indonesia. Adalah guru selalu benar. Padahal, ketika seorang murid bisa berargumen dengan cara yang bijak dan sopan, sebetulnya guru pun berhak untuk mendengarkan masukan tersebut dan mengambil kesimpulan agar kedua belah pihak sepakat.

Mengenai masalah itu, seorang netizen di Twitter dengan akun bernama @DragonoHalim membagikan foto yang memperlihatkan hasil logika seorang murid dengan hasil pemikiran gurunya. Dua jawaban yang berbeda itu pun kini menjadi sorotan warganet di sosial media.

“Mana yang benar, jawaban guru atau murid?” kalimat ini menjadi tulisan penutup dari cuitan @DragonoHalim, 30 Januari 2018. Dan sontak banyak warganet yang nimbrung membahas siapa yang benar dalam menjawab soal matematika itu.

Seperti apa soalnya?

“Sendok yang digunakan untuk makan ada 6. Ibu masih mempunyai 14 sendok yang belum dipakai. Jadi, berapa jumlah sendok ibu, ayo?”

Jika dilihat dari logika kalimat, sebetulnya memang ada yang rancu di kalimat soal tersebut. Pasalnya, sepertinya tidak ada keterkaitan antara kalimat pertama dengan kalimat berikutnya. Dan itu yang akhirnya membuat muncul jawaban yang berbeda.

Saat membaca soal ini, si murid menjawab dengan jawaban seperti ini,

“6+14=20”

Dan guru itu menyalahkan jawaban itu dan mencoba mengoreksinya dengan jawaban ini,

“14-6=8”

(Baca Juga: Buat Guru SD yang Muridnya Hobi Berkelahi, Cara Jitu Ini Agaknya Perlu Dicoba)

Akun @DragonoHalim pun mencuitkan komentar, “Ini contoh pemahaman berbahasa atau logika linguistik sangat penting. Nggak terhitung banyaknya miskomunikasi dalam pekerjaan hanya gara-gara perbedaan pemahaman atau kemampuan memahami pesan”.

Cuitan @DragonoHalim pun mendapat respon netizen yang cukup besar. Postingan itu mendapat 1.485 retweet, 510 likes, dan 171 komentar. Nah, terkait dengan komentar warganet, berikut beberapa yang menggelitik.

“Kenapa pertanyaan itu mesti di akhiri dengan kata “ayo”?,” cuit akun Twitter @Sesa_Opas. Dan @DragonoHalim pun menjawabnya dengan santai, “Karena pertanyaan ini ditujukan kepada si Ayo. Hanya dia yang diminta menjawab,” komennya.

Ada juga warganet yang menuliskan cuit seperti ini,

“Ini soalnya kayak tes psikolog gitu, ya. Anak SD mau ngelamar kerja dimana ini dikasik soal beginian,” tulis @novitadsk.

“Semuanya salah. Sendok itu bukan punya ibu karena hanya titipan Allah semata,” kata @catbytheocean

““Ayo” nya itu ngajak cabut kemana sii :(,” celoteh @Robihamanto

So, menurut Anda jawaban yang benar itu jawabannya siapa? Atau Anda punya jawaban yang lebih tepat dibanding jawaban si murid dan gurunya?

(Baca Juga: Untuk Membeli Kopi Beralkohol Ini, Pembeli Harus Jawab Soal Ujian)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini