nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Merawat dan Membersihkan Karpet Sendiri di Rumah

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Jum'at 02 Februari 2018 22:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 02 196 1854000 cara-merawat-dan-membersihkan-karpet-sendiri-di-rumah-6oGZfbRa3K.jpg Karpet (Foto: Housedecoration)

KARPET merupakan salah satu perlengkapan rumah yang bisa menambah nilai estetika pada ruangan. Karpet juga kerap berguna sebagai alas agar tubuh tak terkena dinginnya lantai saat asyik menonton TV, bermain dengan anak, bersantai, atau melakukan kegiatan lainnya yang dilakukan secara lesehan.

Namun, yang kerap terjadi karpet bisa menjadi sarang bakteri, endapan kotoran, debu, bulu hewan, bahkan kutu atau tungau, bila tidak dirawat dengan baik. Apalagi jika sampai menimbulkan bau tidak sedap dan pastinya tak sehat untuk anggota keluarga.

Oleh karena itu, agar karpet terjaga kebersihannya dari kotoran dan debu, berikut adalah cara-cara tepat dan mudah merawat serta menjaga kebersihan karpet di rumah, seperti yang diungkapkan oleh para profesional di bidang karpet (carpet expert).

 (Baca Juga: Dari Miranda Kerr hingga Ratu Elizabeth, Ini Gaun Pengantin Paling Terkenal di Dunia)

Bersihkan segera noda dan tumpahan

Tak hanya akan lebih mudah membuatnya bersih kembali sebelum noda dan tumpahan itu menempel di serat karpet. Membersihkan noda dan tumpahan pada karpet juga mengurangi tingkat penyerapan sehingga mencegah sarang berkembang biaknya bakteri dan masalah lain yang terkait dengan tumpahan.

Vakum setiap hari

Ya, vakum perlu dilakukan setiap hari, meski sesungguhnya hal tersebut tidaklah cukup. Banyak yang beranggapan membersihkan karpet dengan alat penyedot (vacuum cleaner) cukup dilakukan sebulan sekali. Padahal aktivitas keluarga setiap hari sudah tentu mengakibatkan munculnya kotoran dan bau setiap hari. Selain itu, pembersihan karpet menggunakan penyedot setiap hari hanya membantu membersihkan kotoran, debu, dan remah makanan sebelum tenggelam jauh ke serat karpet, namun tidak benar-benar bisa membuatnya lebih steril dari bibit penyakit.

Gunakan pembersih yang meresap ke dalam karpet

Pembersihan karpet bagian dalam sangat penting untuk menghilangkan kotoran dalam, debu, remah, dan polutan lainnya. Namun, tidak menambah masalah dengan membiarkan penggunaan bahan kimia berbahaya.

Penempatan karpet

Penempatan karpet ternyata dapat mempengaruhi keawetan dari karpet itu sendiri. Jangan meletakkan karpet pada posisi yang terkena sinar matahari langsung karena dapat merusak dan membuat pudar warna karpet kelamaan. Tentu sangat disayangkan jika karpet yang Anda beli dengan harga mahal menjadi rusak karena terkena sinar matahari. Lakukan juga perubahan posisi karpet dalam jangka waktu tertentu agar bagian karpet yang sering terinjak dan terlewati tidak cepat rusak atau kusam.

  (Baca Juga: Trik Memilih Make-Up Artist agar Tampil Cantik di Hari Pernikahan)

Penyimpanan karpet

Untuk Anda yang menggunakan karpet hanya di waktu tertentu pasti akan menyimpan karpet setelah selesai dipakai. Lakukan penyimpanan karpet pada posisi karpet yang sudah dibersihkan. Kemudian Anda kemas karpet menggunakan plastik agar tidak ada debu yang masuk dan menempel pada celah karpet.

Percayakan pada ahlinya

Bila karpet sudah dibersihkan dan Anda merasa masih kurang bersih maka tak ada salahnya untuk membawa karpet kesayangan pada ahlinya. Beberapa brand yang dipercaya bisa membersihkan karpet dengan sempurna tentu bisa menghilangkan noda, tumpahan, kotoran, debu, dan bau secara sempurna. Apalagi tempat pencucian tertentu juga melakukan tahap pencucian yang panjang sehingga karpet akan tampak seperti baru lagi. Demikian seperti yang dikutip dari press release yang diterima Okezone, Jumat (2/2/2018).

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini