nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Tips Praktis Mengolah Kue Tanpa Oven

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 02 Februari 2018 21:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 02 298 1853986 7-tips-praktis-mengolah-kue-tanpa-oven-8u6r2dZqGm.jpg Ilustrasi (Foto: Taste)

SELAIN kue kering, salah satu jenis kue yang paling dikenal masyarakat Indonesia adalah kue kukus. Keunggulan kue kukus memang tidak terpaku pada rasanya yang lezat, tetapi memiliki tekstur lembut dan lembap yang disukai semua orang.

Kue ini juga sangat praktis untuk diolah di rumah. Namun, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan agar hasil olahan terasa sempurna.

Dikutip dari buku 99 Resep Cake Tanpa Oven, karya Dapur Kirana, Jumat (2/2/2018), berikut 7 tips sukses mengukus kue agar mendapatkan hasil yang sempurna. Selamat mencoba.

1. Gunakan pewarna makanan yang kental. Hindari pewarna yang banyak mengandung air karena dapat menyebabkan kue bantet atau tidak mengembang dengan sempurna.

 (Baca Juga: Kangen dengan Kue Red Velvet? Yuk Bikin Black Velvet Roll Cake atau Orange Layer Velvet Cake)

2. Olesi dasar loyang dengan mentega putih dan dialasi dengan kertas roti, kemudian olesi kembali atasnya dengan mentega putih supaya mudah dikeluarkan dari loyang setelah matang. Jangan memoles bagian pinggir loyang karena dapat menyebabkan kue menciut ke tengah setelah matang.

3. Saat menuang adonan ke dalam loyang, ratakan adonan agar saat matang cake tidak tinggi sebelah. Selain itu, saat memoles lapisan, cake harus benar-benar dalam keadaan dingin. Hal ini bertujuan agar cream tidak meleleh.

4. Lapisi tutup pengukus dengan serbet agar air kukusan tidak jatuh pada adonan cake yang dapat menyebabkan cake menjadi bantat. Sebaiknya gunakan kukusan yang berbentuk pyramid sehingga tutup kukusan tidak perlu dibungkus dengan serbet.

5. Pilih cake emulsifier yang berkualitas baik karena dapat membantu menstabilkan telur dan tepung terigu sehingga adonan tidak mudah turun.

 (Baca Juga: Makgeolli, Minuman Legendaris Favorit Warga Korea Selatan dari 2000 Tahun yang Lalu)

6. Bila menggunakan bit sebaiknya dikukus terlebih dahulu, jangan direbus karena akan menimbulkan aroma seperti tanah. Perlu diketahui, cake kukus dapat bertahan lama jika disimpan di dalam freezer. Anda bisa mengukus kue selama beberapa menit jika ingin dihidangkan.

7. Pilihlah telur yang bentuknya bulat jangan yang lonjong agar mendapatkan kuning telur yang bulat dan besar. Tambahkan sedikit susu kental manis terutama pada pembuatan bolu gulung agar hasil cake menjadi lentur saat digulung.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini