nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Megahnya Istana Topkapi, Peninggalan Islam yang Ditahbiskan Jadi Situs Warisan Dunia

Dada Sathilla, Jurnalis · Sabtu 03 Februari 2018 08:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 02 406 1853769 megahnya-istana-topkapi-peninggalan-islam-yang-ditahbiskan-jadi-situs-warisan-dunia-sfH3fKTHbM.jpg

DINASTI Utsmaniyah atau Ottoman Turki dikenal sebagai penguasa Islam yang paling berjaya di dunia. Sempat menguasai Eropa selama ratusan tahun, peninggalan dinasti Utsmaniyah masih bisa dilihat hingga kini dan menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi turis.

Salah satu di antaranya adalah istana Topkapi yang merupakan tempat tinggal Sultan Turki selama 400 tahun.

Berada di kota Istanbul dan menjadi bagian dari kawasan bersejarah Istanbul, istana Topkapi dibangun pada awal abad ke-15 setelah sultan Mehmet II berhasil menguasai Konstantinopel, ibukota kekaisaran Byzantium atau Romawi timur (yang kini bernama Istanbul). Istana Topkapi bersama dengan bangunan lainnya di kawasan bersejarah Istanbul tercatat sebagai situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1985.

Berbeda dengan istana di negara Eropa lainnya yang terdiri dari kastil yang tinggi dan dikelilingi halaman atau taman, istana Topkapi terdiri dari banyak bangunan yang tersebar di bukit dan menghadap langsung ke teluk Golden Horn dan selat Bosphorus.

Istana - istana ini menjadi tempat tinggal sultan dan para istri, para selir, para pejabat kerajaan dan para pegawai kerajaan. Istana bergaya arsitektur Ottoman dan baroque ini terdiri dari 5 komplek istana, menara, dapur, sekolah, masjid juga harem atau tempat tinggal para wanita kerajaan.

(Baca Juga: Menyelami Jejak Sejarah Islam di Kota Inggris)

Istana pertama merupakan istana para tentara. Di sini terdapat gereja Byzantium Aya Irini yang difungsikan sebagai gudang. Istana kedua merupakan tempat sultan Turki memerintah kerajaannya. Di sini terdapat banyak paviliun, taman, barak dan dapur.

Dapur istananya sendiri sangat besar dan megah karena pada waktu itu mempekerjakan 800 pegawai untuk memenuhi kebutuhan makan 4.000 orang di kompleks istana. Di dalam dapur istana Topkapi juga disimpan puluhan ribu koleksi keramik dari China, yang terkenal bisa berubah warna bila terkena racun.

(Baca Juga: Menelusuri Peninggalan Nabi Muhammad SAW yang Tersimpan di India)

Di bawah Tower of Justice di komplek istana kedua merupakan lokasi Harem atau tempat tinggal para selir sultan. Harem yang secara harfiah berarti terlarang, ditinggali oleh 4 istri sultan beserta 300 selirnya. Istana ini dijaga oleh para pelayan kasim.

Sementara itu istana ketiga merupakan tempat tinggal pribadi sultan sekaligus tempat sultan menjamu utusan kerajaan atau negara lain, dan istana keempat terdiri dari beberapa pavilion dan restoran Konyali.

Untuk masuk ke dalam istana Topkapi perlu membayar tiket masuk sebesar 40 lira atau sekira Rp143.000,00.

Sedang untuk masuk ke harem mesti membeli tiket masuk terpisah dengan harga 25 lira atau Rp89.500,00. Pada musim dingin ini istana Topkapi bisa dikunjungi dari jam 09.00 hingga pukul 16.45.

1 / 2
GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini