nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Minum Kopi saat Menstruasi Bikin Kram Perut Bertambah

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 02 Februari 2018 16:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 02 481 1853832 minum-kopi-saat-menstruasi-bikin-kram-perut-bertambah-iW0FH05MhE.jpg Ilustrasi (Foto: Dietdoctor)

SETIAP wanita saat mengalami menstruasi, seringnya mengalami rasa cemas dan nyeri di beberapa bagian tubuh. Namun, jangan diatasi dengan minum kopi karena malah menyebabkan rasa sakit berlebihan.

Di saat menstruasi, wanita sering mengeluhkan sakit kepala, kram perut, dan mengalami kontraksi otot rahim yang memicu rasa sakit. Anda harus mengatasi segera supaya tidak mengganggu aktivitas.

Selama haid, wanita akan mengalami perubahan hormonal yang drastis. Makanya, mereka sering mengeluhkan tidak enak badan saat datang bulan.

 (Baca Juga: Kapan dan Bagaimana Cara yang Tepat untuk Deteksi Dini Kanker Payudara?)

Ahli Kandungan Dr Nupur Gupta dari Health Woman Clinic di Gurgaon menyoroti bagaimana dampak wanita minum kopi saat menstrasi. Dia menyebutkan, minum terlalu banyak kopi pada masa itu bisa menyebabkan dehidrasi.

Hal itu karena kopi mengandung kafein, yang bersifat diuretik. Efeknya tidak hanya meningkatkan produksi urin, tapi juga berkontribusi menyebabkan kram dan dehidrasi. Jika Anda mengalami dehidrasi, bisa memicu sakit kepala.

 (Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Sebabkan Perut Buncit, Stres Salah Satunya)

Apalagi kopi juga menimbulkan malapetaka dengan hormon. Dampaknya dapat menyumbat pembuluh darah, serta meningkatkan kecemasan dan meningkatkan kortisol, yang selanjutnya memperburuk gejala menstruasi.

Dr Nupur juga membagi tips aman untuk seorang wanita yang ingin tetap minum kopi saat menstruasi. Berikut ulasannya lebih lanjut, dilansir Thehealthsite, Jumat (2/2/2018).

Minum secangkir kopi

Minum secangkir kopi atau dua kopi dalam sehari bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika Anda adalah orang yang membutuhkan secangkir kopi setiap 2-3 jam, jangan minum lebih dari 4 cangkir kopi dalam sehari. Maka pangkas dulu kebiasaan tersebut.

Ganti dengan teh hijau

Sebagai gantinya saat terbiasa minum kopi, cobalah minum teh hijau. Hal ini diketahui bisa memicu sakit perut selama menstruasi. Tapi jika Anda tidak bisa terlepas dari kebiasaan menyesap kopi, minumlah secangkir saja, tanpa mengurangi rasa kenikmatan.

 (Baca Juga: Rajin Minum Susu Kedelai Bisa Mencegah Kanker)

Ganti dengan teh herbal

Selain teh hijau, Anda juga bisa memilih teh herbal lainnya. Karena minuman tersebut kandungan kafeinnya lebih sedikit dibandingkan kopi. Karena efek dari minuman berkafein dapat memperburuk kondisi kesehatan wanita saat menstruasi.

Pikirkan dua kali

Pikirkan dua kali sebelum Anda minum kopi selama periode menstruasi. Kalau pada dasarnya Anda sering mengalami kram perut, sebaiknya jangan. Karena minum kopi bisa memperburuk kondisi Anda, yang semakin menyakitkan.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini