nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Saat Menstruasi Hindari Konsumsi Makanan & Minuman Dingin, Ini Sebabnya

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 05 Februari 2018 04:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 02 481 1853956 saat-menstruasi-hindari-konsumsi-makanan-minuman-dingin-ini-sebabnya-Wu6zyw9miC.jpg Saat menstruasi hindari minuman dingin (Foto:Foodswool)

TIDAK dipungkiri, masa-masa menstruasi di mana perut terasa sakit melilit, mood yang berantakan, anggota tubuh terasa pegal, hingga timbulnya jerawat adalah masa-masa bulanan yang kebanyakan membuat wanita merasa sebal.

Hal ini ditambah lagi dengan para orang tua biasanya menyarankan untuk tidak makan makanan dingin serta minum air dingin jika sedang menstruasi.

Namun, apakah saran di atas benar? Apa memang memakan makanan dan meminum air dingin saat sedang dalam masa menstruasi dapat mengakibatkan sesuatu ke dalam tubuh? Misalnya seperti rasa keram?

BACA JUGA:

Ibu Hamil Sering Makan Yoghurt Bisa Cegah Bayi Lahir Prematur

Well, menstrual cramp atau rasa keram saat sedang menstruasi disebutkan adalah sebuah kondisi yang disebabkan oleh adanya kontraksi berlebihan otot rahim dan perut untuk mengeluarkan cairan menstruasi keluar dari tubuh. Kontraksi otot ini disebabkan oleh berbagai bahan kimia yang mungkin juga termasuk di dalamnya, prostaglandin, maka dari itulah biasanya wanita yang sedang menstruasi diminta agar menghindari makanan dan minuman tertentu yang bisa memicu produksi bahan kimia ini.

Menurut Praktisi Kesehatan dan Pelatih Kesehatan Makrobiotik, Shilpa Arora, memang di kala sedang dalam menstruasi, minuman air dingin dan juga makanan dingin sebaiknya dihindari.

"Selama berada di masa menstruasi, sebaiknya hindari minum air dingin dan makan makanan dingin yang dapat memperburuk kram menstruasi. Otot di ovarium dan dinding vagina menegang, otot-otot ini tidak bisa membentang lebih jauh. Itulah sebabnya akhirnya muncul rasa ketidaknyamanan. Agar aliran darah lancar, minum air hangat dan hindari produk makanan dan minuman yang sangat dingin dan manis untuk mencegah peradangan," jelas Shilpa Arora, sebagaimana dikutip Ndtv, Senin (5/2/2018).

BACA JUGA:

Puluhan Pasien Gizi Buruk dan Campak Masih Dirawat di RSUD Asmat

Namun perlu diingat, semua ini tergantung pada individu masing-masing. Mengingat setiap wanita memiliki sistem tubuh yang berbeda-beda yang bekerja dengan tubuh yang berbeda. Sebagian wanita mungkin merasa tubuhnya baik-baik saja walau mengonsumsi makanan dan minuman dingin, namun ada juga sebagian yang merasakan kram parah.

Akan tetapi, berhati-hati tentu tidak ada salahnya bukan? Maka sebaiknya, makan dan minumlah produk makanan dan minuman yang dapat membantu menghasilkan panas dalam tubuh agar darah mengalir tanpa menghambat kesehatan. Serta jangan lupa untuk memasukkan lebih banyaksayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian dan teh hijau dalam menu makanan sehari-hari agar tetap sehat dan bahagia dalam menjalani masa menstruasi.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini