nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tiet Canh, Makanan Ekstrem Vietnam yang Terbuat dari Darah Segar Babi

Dada Sathilla, Jurnalis · Minggu 04 Februari 2018 14:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 04 481 1854481 tiet-canh-makanan-ekstrem-vietnam-yang-terbuat-dari-darah-segar-babi-nfsCPShIWy.jpg Tiet Canh Makanan Ekstrem (Foto: Sabra Satilla)

Ada bermacam makanan unik nan aneh di Vietnam. Tapi puding darah atau Tiet Canh mungkin bisa disebut sebagai makanan paling ekstrem di Vietnam. Makanan yang berasal dari Vietnam bagian utara ini terbuat dari darah mentah binatang yang dicampur dengan potongan daging masak.

Tiet Canh atau puding darah mentah biasanya dibuat dari darah mentah bebek atau babi. Namun yang paling terkenal adalah yang terbuat dari darah mentah bebek yang baru saja disembelih beserta daging bebek. Meski termasuk makanan ekstrem di mata orang awam dan turis, masyarakat Vietnam menyukai makanan ini.

 

Tiet Canh dibuat dengan cara mencampur darah bebek atau babi mentah dengan saus ikan untuk mencegah pengentalan dini. Sebagai topping adalah potongan daging bebek/ babi masak ditambah ketumbar, daun mint dan kacang. Campuran darah mentah dan saus ikan beserta topping kemudian dicampur dengan air rebusan daging. 

Setelah mengental, puding darah mentah akan berbentuk mirip pizza. Puding darah mentah atau Tiet Canh kemudian dimasukkan ke dalam kulkas untuk menjaga bentuk serta kekentalannya. Karena bila disimpan dalam suhu ruangan maka akan kembali cair. 

Mengonsumsi puding darah dari daging babi sebenarnya berisiko bagi kesehatan karena makanan ini mengandung bakteri babi yang bisa mengakibatkan infeksi yang parah. Bakteri streptococcus bakterium bisa mengakibatkan gangguan pernapasan, mengontaminasi darah, serta matinya sebagian besar sel di tangan dan kaki yang bisa berakibat fatal. 

 

Di Vietnam sendiri sudah ada laporan mengenai korban yang jatuh sakit setelah mengonsumsi puding darah mentah. Namun Tiet Canh tetap dikonsumsi karena rasanya yang enak. Masyarakat Vietnam biasa memakannya sambil minum arak beras. 

Karena bentuknya yang menyerupai pizza, Tiet Canh juga sering dijuluki sebagai pizza bebek. Turis yang berkunjung ke Vietnam pun kadang ikut mencoba makan puding daging mentah terutama bule yang merasa makanan ini enak rasanya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini