Share

5 Tips Memasak Saus Tomat dan Basil untuk Hidangan Khas Italia

Pradita Ananda, Okezone · Senin 05 Februari 2018 14:24 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 05 298 1854852 5-tips-memasak-saus-tomat-dan-basil-untuk-hidangan-khas-italia-g88yO6HXWc.jpg Italian meatball (Foto: Simplyrecipes)

MAKANAN Italia, tidak bisa disangkal jadi salah satu makanan asing yang ketenarannya tidak perlu diragukan lagi di berbagai penjuru dunia.

Tidaklah sulit untuk menemukan hidangan asli Italia di berbagai negara, salah satunya termasuk Indonesia. Mulai dari hidangan pasta, pizza, hingga risotto memang mudah didapatkan.

 BACA JUGA:

Mau Bikin Ayam Goreng ala KFC? Ini Tips dari Chef Kepala Restoran Terkenal Itu

Hidangan khas Italia juga kerap jadi masakan andalan yang bisa dimasak di rumah bagi sebagian orang. Asal mengetahui trik yang tepat, memasak makanan Italia misalnya hidangan pasta atau potato dumpling di rumah namun selezat di restoran adalah hal yang tidak sulit untuk dilakukan.

Salah satunya dengan mengetahui cara tepat untuk memasak saus tomat dan basil yang banyak digunakan dalam hidangan Italia seperti untuk pasta atau potato dumpling. Seperti apa caranya? Ini dia tips memasak saus tomat dan basil dari Chef Attlio Di Fabrizio.

1. Sebelum membuat saus, potong terlebih dahulu batang bawang putih. Sebab batang bawang putih akan mengeluarkan rasa yang lebih kuat daripada rasa yang dibutuhkan.

2. Hati-hati dengan jumlah air yang dimasukkan tambahkan ke saus. Pemakaian air diketahui baik untuk tomat agar masak, tapi tidak terlalu banyak dibutuhkan untuk bawang putih.Sebab akan mencegah bawang putih untuk matang dan membuatnya menjadi coklat.

3. Untuk membuat tomat matang dengan lebih sempurna, jangan lupa untuk sedikit menekannya saat berada di dalam pan atau wajan saat dimasak.

4. Jangan tambahkan garam ke dalam saus, setidaknya tahan dulu untuk tidak menambahkan garam saat masih di tahap awal memasak. Anda bisa menambahkannya nanti, saat pada akhirnya saus dirasa terlalu hambar.

 BACA JUGA:

Sarapan Makin Lahap dengan Sajian Zuppa Soup Spesial

5. Waktu saat menambahkan garam dinilai sangat penting dalam masakan Italia. Tambahkan sejumput garam ke air sebelum memasukkan pasta, tujuannya agar pasta bisa menyerap garam. Jika Anda menambahkan garam ke sausnya, makan sausnya lah yang akan mengambil cita rasa garam tersebut, bukan dari pastanya. Kelebihan pemakaian garam juga bisa membuat tercampur dengan cita rasa saus yang asli. Demikian seperti dilansir Ndtv, Senin (5/2/2018).

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini