Share

5 Tips Dasar Wajib Diketahui Sebelum Simpan Makanan di Kulkas

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Selasa 06 Februari 2018 02:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 05 298 1855009 5-tips-dasar-wajib-diketahui-sebelum-simpan-makanan-di-kulkas-rHnA9CBpp4.jpg Cara benar simpan makanan dalam kulkas (Foto:Ist)

 

JIKA Anda memiliki rencana untuk menghemat pengeluaran, menyimpan makanan beku adalah jawabannya. Terlepas Anda akan memasak untuk kebutuhan per orangan atau seluruh anggota keluarga, mengolah makanan beku merupakan cara terbaik untuk menghemat pengeluaran. Proses pengolahannya pun menjadi lebih praktis karena Anda tidak perlu lagi membeli bahan makanan di pasar atau supermarket.

Nah, sebelum menyimpan bahan makanan di dalam lemari pendingin, yuk simak dulu tip dasar yang wajib Anda ketahui agar kualitas makanan terjaga dengan baik. Dilansir dari Food & Wine, Selasa (6/2/2018), berikut ulasan lengkapnya.

 BACA JUGA:

Apa yang Dilahap Pekerja di Seluruh Dunia? Cari Tahu di Sini

Dinginkan makanan terlebih dahulu

Kegiatan memasak bisa menjadi sangat merepotkan ketika sisa bahan makanan berserakan di dapur rumah. Jika sudah demikian, sebagian orang seringkali terburu-buru memasukkan makanan ke dalam lempari pendingin, agar dapur kembali bersih. Kebiasaan ini harus dihindari, apalagi jika Anda memasukkan makanan yang baru saja diolah atau memiliki suhu panas berlebih. Hal tersebut akan mencairkan bahan makanan di sekitarnya, sehingga memengaruhi kualitas dan teksturnya. Dinginkan terlebih dahulu makanan yang baru Anda masak, sebelum memasukkannya ke dalam kulkas.

 

Hindari proses pencairan dan pembekuan berulang-ulang

Menurut USDA, semua jenis daging seperti unggas, ikan, sapi, atau kambing tidak boleh dibekukan ulang jika sudah dicairkan dan berada pada suhu 4 derajat celcius selama lebih dari dua jam. Hal yang sama berlaku untuk semua produk susu, sayuran, kue kering, dan frozen food lainnya. Satu-satunya jenis makanan yang tidak perlu dibuang meski telah dicairkan adalah buah, roti, dan tepung.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

 

Tidak membagi porsinya

Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan banyak orang saat membekukan makanan adalah tidak membagi porsinya. Anda bisa memisahkan bahan makanan yang hendak dikonsumsi dengan bahan makanan yang akan disimpan di dalam lemari pendingin. Cara ini sangat ampuh agar kualitas makanan Anda tetap terjaga dengan baik, dan tidak terkontaminasi kuman penyakit.

BACA JUGA:

5 Tips Memasak Saus Tomat dan Basil untuk Hidangan Khas Italia

Gunakan kantung plastik

Untuk menjaga kualitas makanan beku agar tetap dalam kondisi prima, Anda bisa membungkusnya dengan kantung plastik. Bungkuslah makanan serapat mungkin untuk meminimalisir masuknya udara. Teknik seperti ini sebetulnya sudah sering dilakukan oleh para chef profesional di berbagai restoran bintang 5. Tujuannya untuk mencegah tumbuhnya kuman penyakit dan membuat waktu penyimpanan menjadi lebih lama.

Hati-hatilah saat mencairkan makanan

Secara umum, sebaiknya hindari mencairkan makanan pada suhu ruang, terutama daging sapi, kambing, unggas, dan ikan. Hal ini dapat meningkatkan risiko kontaminasi bakteri penyakit yang berbahaya bagi kesehatan. Untuk mengakali hal tersebut, Anda bisa mencairkan makanan beku secara perlahan dengan memindahkannya dari freezer ke bagian bawah kulkas (chiller). Jika Anda ingin segera memasak makanan beku, hangatkanlah terlebih dahulu di atas kompor atau oven. Selain itu, hindari penggunaan piring keramik ketika hendak memasukkan makanan beku ke dalam oven. Perubahan suhu yang drastis dapat menyebabkan makanan hancur/pecah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini