nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menelusuri Gua Terbesar di Dunia, Perlu Waktu Seminggu dengan Biaya Rp40 Juta

Dada Sathilla, Jurnalis · Senin 05 Februari 2018 10:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 05 406 1854640 menelusuri-gua-terbesar-di-dunia-perlu-waktu-seminggu-dengan-biaya-rp40-juta-xXEuIE6KQd.jpg

KABAR baik bagi penggemar olahraga ekstrem. Di Vietnam telah ditemukan gua terbesar di dunia dengan panjang 5 kilometer dan tinggi 200 meter. Lokasinya yang berada di tengah hutan dan ukurannya yang sangat luas membuat traveler mesti meluangkan waktu 5-7 hari untuk mencapai dasar gua.

Gua Son Doong berada di tengah hutan di taman nasional Phong Nha-Ke Bang, provinsi Quang Binh, Vietnam bagian tengah.

Mengekplorasi gua terbesar di dunia ini termasuk olahraga ekstrem karena setiap peserta diwajibkan memiliki kondisi fisik yang prima. Sekali mengunjungi gua Son Doong memerlukan waktu 5-7 hari. Hal ini berarti peserta mesti makan, minum, tidur dan buang hajat di dalam gua.

Gua Son Doong panjangnya 5 kilometer sedangkan tingginya mencapai 200 meter. Untuk mencapai dasar gua, setiap orang mesti menuruni gua dengan menggunakan tali, memanjat, kadang merangkak, dan berenang melewati sungai bawah tanah untuk mencapai ujung gua.

Kegiatan menuruni gua ini baru bisa dilakukan setelah mencapai pintu masuk gua, yaitu gua Hang En, yang merupakan gua terbesar ketiga di dunia sekaligus lokasi syuting film Peter Pan. Perjalanan menuju pintu masuk gua sendiri memakan waktu 2 hari.

Selain kondisi fisik yang prima serta memiliki mental untuk bertahan hidup di tengah hutan, biaya mengunjungi gua Son Doong pun tak murah yaitu USD 3.000 per orang atau Rp. 40.350.000,00.

Untuk menjaga kelestarian ekosistem di sekitar gua, traveler hanya bisa mengunjungi gua dengan menggunakan operator yang telah disetujui pemeintah Vietnam yaitu Oxalis adventure. Berkunjung sendirian dianggap ilegal karena berbahaya.

Setiap perjalanan ke gua Son Dong pun hanya dibatasi untuk 10 orang. Jumlah pengunjung pun dibatasi hanya 500 orang per tahun.

Biaya yang mahal ini tentu bukan tanpa alasan. Karena ketika melakukan perjalanan ke gua Son Doong setiap traveler akan ditemani 2 orang ahli gua, 3 orang pemandu, 2 orang juru masak, 2 orang penjaga hutan, dan 20 porter untuk mengurusi keperluan selama seminggu berada di hutan dan gua serta menjamin keselamatan para traveler.

(Baca Juga: Gua di Pantai Inggris Ini Menyimpan Rahasia yang Menyayat Hati)