nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fort Marlborough, Benteng Berusia 358 Tahun yang Tidak Pernah Direnovasi

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 05 Februari 2018 16:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 05 406 1854872 fort-marlborough-benteng-berusia-358-tahun-yang-tidak-pernah-direnovasi-kyQSMxXWaH.jpeg Benteng Marlborough (Foto: Triptrus)

BENTENG Marlborough merupakan salah satu benteng yang dimiliki Indonesia dan letaknya di Bengkulu. Sebagai bangunan peninggalan, benteng ini tidak hanya spesial karena sejarahnya saja.

Benteng Marlborough yang dibangun saat penjajahan Inggris tersebut, adalah benteng terbesar dan terkuat di Asia, yang awalnya didirikan sebagai bangunan pertahanan. Meskipun telah berusia ratusan tahun, Benteng Marlborough masih terjaga keasliannya, karena masih kokoh dan tidak pernah direnovasi.

 

Desain benteng juga terbilang cukup unik karena menggunakan gaya desain yang populer diabad ke 17, pada masanya. Jika pada zaman dahulu benteng digunakan sebagai bangunan pertahanan, kemudian lambat laun jadi pusat perdagangan, kini Benteng Marlborough beralih jadi destinasi wisata dan tempat penelitian sejarah.

 

(Foto: Tabloidwisata)

Bagi wisatawan yang belum pernah mengunjungi Benteng Marlborough, penting untuk mengetahui bagian-bagian benteng dan fungsinya sebelum datang berkunjung. Dikumpulkan dari berbagai sumber, benteng terdiri dari bastion yang berfungsi untuk menyerang musuh dengan cara bersembunyi.

 

 (Foto: Tabloidwisata)

Ada pula reavaline sebuah bangunan di atas parit yang menyambung pada benteng dengan jembatan, ruang tahanan tempat menampung orang-orang yang dianggap bersalah pada masa penjajahan, gudang senjata/mesiu berfungsi menyimpan senjata pemerintah Inggris, barisan meriam pada sisi utara dan timur, dan terowongan bawah tanah berfungsi sebagai jalan keluar-masuk benteng secara tersembunyi, yang hanya tersisa enam meter, karena bagian lainnya sudah tertutup tanah.

 

 (Foto: Fitraya)

Selain spesial karena sejarah dan fungsinya, Benteng Marlborough juga menyimpan banyak misteri di dalamnya. Menurut traveler yang pernah mengunjungi benteng, sering terdengar suara langkah kaki di dalam benteng. Tidak jarang pula tercium bau yang busuk seperti bau bangkai, dan berdasarkan pada keyakinan cerita masyarakat setempat, ada tiga buah pintu yang bisa menghubungkan dengan alam gaib, seperti yang ada di bawah jembatan, ruang penjara, dan pintu masuk gerbang.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi Benteng Marlborough yang bersejarah dan sudah dibangun pada 1713 tersebut, bisa mencapainya di Jalan Bencoolen, dekat Pantai Paderi dan Pantai Zakat Bengkulu. Untuk menjangkaunya pun cukup mudah, karena ada berbagai angkutan darat, laut, dan udara.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini