nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menanamkan Jiwa Nasionalisme Melalui Pameran Seni 40 Tahun Swara Maharddhika di Museum Mandiri

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 05 Februari 2018 19:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 05 406 1855119 menanamkan-jiwa-nasionalisme-melalui-pameran-seni-40-tahun-swara-maharddhika-di-museum-mandiri-oyEUpDE9lb.jpg Pameran 40 Tahun Swara Maharddhika di Museum Mandiri (Foto: Annisa Aprilia/Okezone)

MENEMUKAN destinasi wisata dalam kota, tepatnya Jakarta, tidaklah sulit. Jika Anda rutin dan mengikuti info acara-acara dari media sosial, pastilah mudah menemukan hiburan yang Anda sukai.

Tapi, bagi Anda yang tengah mencari sebuah acara di Jakarta yang bisa membangkitkan emosional dan sedikit ingin bernostalgia, maka kunjungilah Museum Mandiri, Kawasan Kota Tua, Jakarta. Pasalnya, di museum yang masih amat terjaga bangunannya tersebut sedang diadakan sebuah pameran yang menarik untuk dikunjungi.

Ya, bagi Anda yang melalui masa remaja pada 1977 tentu akrab dengan kelompok grup vokal remaja bernama Swara Maharddhika, yang dilatih Guruh Soekarno Putra. Nah, kelompok seni yang pernah meramaikan panggung hiburan tanah air tersebut, saat ini sedang menggelar sebuah pameran yang akan membuat pengunjungnya tidak hanya untuk bernostalgia, tapi juga bisa mengajak serta anak-anak, juga cucu ke pameran itu.

Pameran yang bertajuk 40 Tahun Swara Maharddhika itu akan membuat Anda, teman-teman, juga istri bernostalgia dengan panggung seni dan penampilan dari kelompok yang sempat jadi role model anak muda pada zamannya.

Selain itu, Anda juga bisa mengenalkan pada anak-anak juga cucu, tentang budaya Indonesia, lewat kostum pakaian tradisional yang terpajang di pameran, sambil menceritakan seni tari dan lagu yang ditampilkan Swara Maharddhika pada saat pentas. Dengan cara seperti itu, secara tidak langsung Anda menanamkan rasa nasionalisme pada jiwa anak-anak.

“Pameran ini akan melibatkan rasa emosional dari pengunjung, terlebih yang mengalami remaja pada masanya. Untuk kedepannya, saya berharap dapat membuat generasi zaman sekarang lebih mencintai bangsa. Pameran dan buku 40 Tahun Swara Maharddhika, bisa jadi alternatif untuk melihat perbedaan bangsa,” ucap Restu salah satu anggota Swara Maharddhika sekaligus penggagas buku 40 Tahun Swara Maharddhika, dalam pemaparannya di Konferensi Pers 40 Tahun Swara Maharddhika, Museum Mandiri, Jakarta, Senin (5/2/2018).

Dalam pameran 40 Tahun Swara Maharddhika yang terbuka untuk umum ini, Anda bisa melihat dokumentasi foto-foto dari setiap momen pentas, berkumpul, dan latihan kelompok Swara Maharddhika. Ada pula kostum yang sempat digunakan dalam pentas di panggung hiburan, juga ada sertifikat dan piagam penghargaan. Pameran akan dibuka mulai 6 Februari 2018 hingga 8 Februari 2018 di Museum Mandiri Jakarta, dengan jam operasional sesuai dengan museum.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini