Pohon Liang Liu Jadi Insiprasi Busana Sebastian Gunawan yang Teranyar

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 06 Februari 2018 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 06 194 1855459 pohon-liang-liu-jadi-insiprasi-busana-sebastian-gunawan-yang-teranyar-laEdN6r4Kv.jpg Karya Sebastian Gunawan dengan rasa budaya Tiongkok kuno (Foto: Sukardi/Okezone)

SEBUAH mahakarya busana tidak akan muncul hanya dari iseng belaka. Beberapa designer memiliki caranya sendiri untuk mendapatkan inspirasi karya terbarunya. Bisa datang dari kehidupan sehari-hari, pengalaman yang baru saja terjadi atau sedang ramai diisukan dunia, atau juga dari alam.

Penciptaan sebuah karya pun membutuhkan waktu yang panjang sampai akhirnya satu busana tercipta. Seperti yang dilakukan salah seorang designer ternama Indonesia Sebastian Gunawan. Dalam fashion show teranyarnya, dia mencoba menunjukan rasa baru dari budaya Tiongkok kuno menjadi sesuatu yang lebih kekinian.

Mengambil ide karya dari pohon Liang Liu yang tumbuh subur di dataran China, Sebastian Gunawan dan Cristina Panarese meramu konsep pohon tersebut menjadi sesuatu yang memiliki makna growth, balance, and harmony dalam show teranyarnya yang ditampilkan di Ritz-Carlton Pasific Place, Jakarta Pusat, Senin malam (5/2/2018).

Secara keseluruhan busana designer yang sering disebut Seba ini kental dengan nuansa oriental. Dan secara khusus, dia pun menentukan tema busananya, “Blissful Blossom”. “Tema ini coba menceritakan sebuah karya di mana budaya yang sudah lama tumbuh di tanah Tiongkok kembali dibangkitkan dengan rasa yang baru tapi tidak meninggalkan akar budayanya,” terangnya pada awak media.

Perlu Anda ketahui, unsur alam di koleksi terbaru Seba ini antara lain pegunungan, pemandangan rumah, perahu, anggur, dan ikan koi, di mana unsur tersebut menggambarkan lambang kesejahteraan.

Dikoleksi teranyar Seba dan Cristina ini, mereka mengeluarkan 63 koleksi yang cukup bervariatif. Warna-warna seperti biru laut, merah marun, rustic gold, hijau, dan merah pekat menjadi palet warna yang cantik. Yang mesti Anda ketahui, warna-warna yang dipilih Seba ini dipercaya menjadi warna yang paling cocok untuk tahun baru anjing di kalender China.

Cutting busana yang sangat kental nuansa China-nya, seperti kerah cheongsam, dikombinasi dengan siluet Eropa menciptakan busana yang cukup menarik. Jadi, Anda bisa menggunakan busana ini tidak hanya saat perayaan Imlek tetapi juga untuk acara formal lainnya.

Pada salah satu busana Seba ini, Anda akan melihat koleksi busana yang menonjolkan keindahan pemandangan alam di China yang cukup indah. Koleksi itu secara khusus dinamakan A Chines Fairy dimana Seba meramu lukisan indah dengan detail busana yang cantik. Rasa dari busana khas Tiongkok terasa sekali apalagi dengan cuttingan khas Oriental-nya.

Rasa modern juga terlihat di beberapa koleksi gaun yang ditambahkan statement pola ruffle di bagian lengan. Kemudian siluet mermaid juga ditampilkan dengan cukup apik di salah satu koleksi kali ini. Jadi, dapat dikatakan bahwa hawa modern tetap ditonjolkan untuk memberi rasa yang menarik di koleksi Chinese New Year kali ini dari Seba dan Cristina.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini