Share

Tidak Ada Kompor, Rice Cooker pun Bisa untuk Masak 8 Makanan Ini

Grivy.com, Jurnalis · Selasa 06 Februari 2018 16:47 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 06 298 1855541 tidak-ada-kompor-rice-cooker-pun-bisa-untuk-masak-8-makanan-ini-EUTVePsZ7j.jpg Masak nasi goreng pakai rice cooker (Foto:Shutterstock)

MEMANG sesuai namanya, fungsi utama rice cooker adalah untuk menanak nasi. Namun, rice cooker juga bisa dimanfaatkan untuk memasak makanan lain. Nah, bagi Anda yang tidak memiliki kompor atau dapur pribadi--khususnya anak kos--bisa mencoba beberapa resep menu makanan berikut.

 BACA JUGA:

Beli Sayuran Beku di Supermarket, Konsumen Temukan Ekor Tikus!

1. Sup

Gunakan rice cooker untuk memasak makanan sehat seperti sup. Caranya mudah. Pertama-tama, tumis bumbu sup terlebih dulu, lalu masukkan air, daging ayam, wortel, dan kentang--lalu tunggu hingga mendidih dan matang. Setelahnya, barulah campurkan dengan bahan sayuran lain seperti brokoli atau kol. Sebagai tahap akhir, jangan lupa tambahkan irisan daun bawang, seledri, dan bawang goreng.

2. Kari dan Opor Ayam

 

Tidak perlu skill tinggi untuk memasak dua makanan di atas. Perihal bumbu, Anda bisa membeli bumbu instan di minimarket terdekat atau justru membuatnya sendiri. Masukkan air dan tunggu hingga mendidih. Setelahnya, rebus ayam dan masukkan bumbu. Tambahkan beberapa bahan lain seperti kentang, atau rempah-rempah seperti merica, jinten, dan santan.

3. Puding dan Kue

Didihkan air dalam rice cooker, lalu masukkan bubuk agar-agar, susu, dan aduk perlahan. Setelah matang, tuang dalam cetakan yang tersedia lalu dinginkan. Sementara untuk kue, Anda bisa langsung memasukkan adonan yang sudah jadi ke dalam rice cooker, lalu tunggu hingga 40 menit atau lebih hingga kue terpanggang sempurna.

4. Mac and Cheese

 

Tidak perlu mahal-mahal membelinya. Toh, Anda bisa membuatnya sendiri dengan modal kurang dari Rp50 ribu. Caranya pun mudah, cukup mencampur makaroni dan penyedap rasa ke dalam air yang telah mendidih. Masak hingga matang dan aduk sesekali agar tidak menempel. Setelahnya, tambahkan satu kotak susu UHT dan segelas keju parut. Aduk keju hingga meleleh dan jika perlu, ditambahkan topping lain seperti sosis atau daging asap.

5. Bubur Ayam

Seperti memasak nasi, Anda hanya perlu memasukkan beras dan air empat kali lipat lebih banyak. Tekan tombol cook pada rice cooker, lalu tunggu hingga matang. Tambahkan topping suwiran ayam, kacang kedelai, cakwe, bawang goreng, dan kerupuk. Lengkapi pula dengan kuah kaldu, kecap asin, kecap manis, irisan daun bawang, seledri, dan sambal.

 

6. Nasi Goreng

Masak nasi seperti biasa, lalu pindahkan ke wadah lain. Masukkan sedikit margarin ke rice cooker, bumbu nasi goreng, dan nasi yang sudah matang. Aduk hingga merata.

7. Nasi Uduk

Anda bisa memasukkan beras, santan instan, dan aneka rempah seperti daun salam, serai, jahe, lengkuas, cengkih, hingga kayu manis. Aduk hingga merata, lalu masak seperti biasa.

BACA JUGA:

Kelezatan Tacros,Paduan Taco dan Croissant dengan Rasa Unik yang Mengenyangkan

8. Mi Instan

 

Siapa, sih, yang tidak suka makan mi instan. Daripada membelinya ke warung kopi terdekat, lebih baik memasaknya sendiri. Caranya pun mudah. Cukup didihkan air, masukkan mi instan, lalu tunggu sekitar tiga menit. Demikian seperti dilansir dari Grivy, Selasa (6/2/2018).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini