Share

Mengolah Sayuran Jadi Hidangan yang Lezat? Hindari 5 Kesalahan Memasak Ini

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Rabu 07 Februari 2018 02:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 06 298 1855605 mengolah-sayuran-jadi-hidangan-yang-lezat-hindari-5-kesalahan-memasak-ini-zWRSLKhrlm.jpg Mengolah sayuran menjadi hidangan lezat (Foto:Shutterstock)

MENGOLAH sayuran bukanlah perkara mudah. Bahan makanan ini memiliki tekstur yang mudah hancur, sehingga memerlukan teknik khusus agar cita rasa dan nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa Anda dapatkan dengan sempurna.

Sayangnya, hingga detik ini masih banyak orang yang melakukan kesalahan fatal ketika mengolah hidangan tersebut. Mulai dari teknik pemotongan, suhu oven yang digunakan, dan masih banyak lagi. Dilansir dari Mashed, Rabu (7/2/2018), berikut 5 kesalahan saat memasak sayuran yang wajib Anda ketahui.

BACA JUGA:

Tidak Ada Kompor, Rice Cooker pun Bisa untuk Masak 8 Makanan Ini

Mengupas kulitnya

Terkadang mengupas kulit sayuran memang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil masakan yang sempurna. Misalnya ketika membuat mashed potato. Namun sebetulnya, mengupas kulit sayuran justru akan menghilangkan sejumlah nutrisi esensial yang terkandung di dalamnya. Kulit sayuran dipercaya mengandung antioksidan dan serat yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itu, berpikirlah sebelum Anda memutuskan untuk mengupas kulitnya.

Memanggang dengan suhu yang rendah

Menurut para chef profesional, cara terbaik untuk mengolah sayuran adalah dengan memanggangnya. Cita rasa yang dihasilkan dapat membuat para pembenci sayuran tergila-gila dengan hidangan tersebut. Namun, jika Anda tidak memanggangnya dengan benar, hal ini akan mempengaruhi rasanya. Suhu terbaik untuk memanggang sayuran berada pada 200-232 derajat celcius. Selain itu, pastikan pula sayur olahan Anda memiliki warna kecokelatan pada bagian luarnya, dan lembut (juicy) pada bagian dalamnya.

Menggunakan wajan yang salah

Selain temperatur atau suhu oven, kesalahan paling umum yang sering dilakukan sebagian besar orang adalah mengolah sayuran dengan wajan yang salah. Tidak perlu khawatir, untuk memanggang atau menggoreng sayuran Anda bisa menggunakan loyang yang sering digunakan untuk membuat kue kering. Tekstur loyang yang datar akan membuat sayuran matang dengan sempurna.

Mengolah terlalu banyak sayuran

Perlu diketahui, untuk mendapatkan tekstur sayuran yang sempurna, Anda harus mengolahnya secara bertahap. Mengolah terlalu banyak sayuran dalam satu wajan sekaligus justru akan membuat teksturnya menjadi lembab, atau sama saja Anda sedang mengukusnya.

BACA JUGA:

Beli Sayuran Beku di Supermarket, Konsumen Temukan Ekor Tikus!

Tidak memotong dengan ukuran yang sama

Pernahkah Anda berpikir, mengapa buku resep selalu merekomendasikan untuk memotong sayuran dengan ukuran yang sama? Hal ini ternyata tidak ada kaitannya dengan presentasi atau hasil akhir masakan, namun agar seluruh potongan sayuran dapat matang sempurna dan merata. Sebagai contoh, jika Anda hendak mengolah kentang, lobak atau wortel, potonglah sayuran tersebut 1-2 inchi.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(ndr)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini