Terlambat Ditangani, Kanker Paru Bisa Menyebar ke Organ Tubuh Lain!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 06 Februari 2018 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 06 481 1855490 terlambat-ditangani-kanker-paru-bisa-menyebar-ke-organ-tubuh-lain-4WDs3HTPvb.jpg Ilustrasi (Foto: Leighjournal)

DETEKSI dini tidak bisa dianggap hal yang sepele. Pengabaian sumber masalah di dalam tubuh Anda bakal memberikan dampak yang besar di kemudian hari.

Masalah kanker yang semakin hari semakin tinggi angkanya menjadi kekhawatiran bagi setiap orang. Penyakit tidak menular ini tidak lagi mengenal usia, siapa saja bisa terkena. Apalagi mereka yang masuk dalam kelompok risiko seperti faktor keturunan pengidap kanker, atau mereka yang pernah mengalami kanker sebelumnya.

Mengatasi masalah ini bukan sesuatu yang mudah. Penyakit tidak main-main ini sebetulnya bisa dicegah dengan pola hidup yang sehat. Tidak hanya itu, para ahli medis juga sudah merekomendasikan untuk melakukan deteksi dini demi kehidupan yang lebih baik.

Salah satu masalah kanker yang paling banyak diderita masyarakat dunia adalah kanker paru. Kanker yang satu ini perlu Anda ketahui, datangnya diam-diam! Sebab, keberadaan sel kanker di paru-paru tidak menimbulkan gejala yang bisa terlihat dari luar tubuh manusia. Dan itu menjadi kekhawatiran yang besar bagi setiap orang.

Karena tidak bisa terdeteksi, makanya sangat penting melakukan deteksi dini. Mereka para pasien kanker paru-paru yang terlambat mendapatkan pengobatan, tentunya akan memicu masalah lain untuk datang.

“Banyak pasien yang kemudian mengira bahwa tubuhnya baik-baik saja atau menolak keberadaan penyakit kanker paru. Padahal, tindakan itu malah akan membuat masalah kanker semakin parah. Kalau sudah begini, mau tidak mau pasien kemungkinan besarnya bakal mengalami metastase atau penyebaran masalah ke organ tubuh lainnya,” papar Dokter Spesialis Paru Konseling RS Persahabatan dr. Elisna Syahruddin, Ph.D, Sp.P (K), Selasa (6/2/2018).

Dr. Eslin melanjutkan, mereka yang mengalami keterlambatan penanganan akan mengakibatkan perluasan masalah. Dan untuk kanker paru-paru ini, penyebaran masalah biasanya terjadi di pleora, paru-paru sebelahnya, atau juga sampai ke otak.

“Penyebaran itu terjadi karena darah yang mengalir dari paru yang terkena kanker mengalir ke organ lain dank arena itu, metastase pun terjadi. Dan salah satu yang paling dikhawatirkan adalah penyebaran ke otak,” terang dr. Eslin.

Dr. Eslin menambahkan, mengenai masalah pengobatan dari kanker ini sendiri, ada beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk meminimalisir penyebaran sel kanker tersebut. Salah satunya adalah operasi pengangkatan paru yang terserang kanker.

“Namun, cara ini sangat ditakuti oleh banyak masyarakat. Padahal, ketika Anda kehilangan paru-paru sebelah, itu tidak akan memengaruhi kehidupan Anda. Bahkan, dengan membuang sumber sel kanker, tubuh Anda akan lebih sehat,” pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini