Waspada! Faktor Resiko Kanker Paru-Paru Ada di Sekitar Anda

Widya Marchellin, Jurnalis · Selasa 06 Februari 2018 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 06 481 1855611 waspada-faktor-resiko-kanker-paru-paru-ada-di-sekitar-anda-rHCmklts39.jpg Seputar kanker paru (Foto:Healthination)


KANKER paru-paru merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan, karena tingkat penyembuhan terhadap penyakit ini sangat kecil dan banyak obat yang belum ditemukan untuk mengobati penderita kanker.

Data Riset Kesehatan Dasar 2013, menyebut prevalensi kanker untuk semua kelompok umur di Indonesia sekitar 347.392 orang.

Dr. Niken Wastu Palupi, MKM, Kepala Subdirektorat Penyakit Kanker dan Kelainan Darah, Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kemenkes RI, mengungkapkan, prevalensi tertinggi penderita kanker paru-paru di Indonesia adalah DI Yogyakarta.

BACA JUGA:

KLB Campak dan Gizi Buruk Dicabut, Layanan Kesehatan di Asmat Tetap Jalan

"Di Indonesia penderita kanker paru-paru tertinggi Yogyakarta karena Yogya hanya memiliki 5 kabupaten dan kota, sehingga virus penyebar penyakit semakin cepat berkembang," ujar dia dalam temu media di Jakarta, Selasa (6/2/2018).

Dia menambahkan faktor resiko kanker paru - paru ada dua. Pertama, faktor resiko yang tidak dapat dikendalikan seperti: umur, jenis kelamin, dan genetik, karena itu hanya kehendak dari Tuhan.

Kedua, yang dapat dikendalikan diantaranya rokok. Kita tahu rokok merupakan faktor utama penyebab terjadinya gangguan pernafasan. Dan banyak diantara Anda yang tidak mengetahui faktor resiko yang dapat dikendalikan selanjutnya yaitu radon.

BACA JUGA:

Bahan Baku Tercemar, Pharos Putus Kerja Sama dengan Pemasok

Radon sendiri adalah lepasnya gas radioaktif secara normal dari peluruhan uranium, thorium dan radium. Selanjutnya polutan Indoor yaitu asap dapur. Asap yang dihasilkan Ketika kita memasak makanan di dapur merupakan salah satu penyebab terjadinya kanker paru - paru.

Penyebab lainnya ialah polutan outdoor seperti asap kendaraan, mesin, asap industri, kebakaran hutan, dan lahan meskipun kita sudah menggunakan masker. Penyakit paru kronis dan karsinogen di lingkungn kerja adalah salah satu faktor resiko yang dapat dikendalikan.

"itu kenapa penting pencegahan dini terhadap kanker paru -paru" tambah beliau.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini