5 Kebiasaan Makan Orang Jepang Dipercaya Memperpanjang Umur

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 08 Februari 2018 03:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 07 298 1856186 5-kebiasaan-makan-orang-jepang-dipercaya-memperpanjang-umur-V3Ho22xztQ.jpg Tradisi orang Jepang makan (Foto:Lifejaks)

MEMILIKI umur panjang merupakan sebuah anugerah besar yang didambakan oleh setiap orang di dunia ini. Menurut penelitian, setidaknya ada beberapa negara yang memiliki harapan hidup lebih baik daripara kehidupan rata-rata di dunia yaitu berkisar di umur 71 tahun. Salah satunya adalah Jepang.

Dilansir dari Times of India, Kamis (8/2/2018), penduduk Jepang rata-rata bisa hidup hingga 81-90 tahun. Rahasia utama mereka ternyata mengonsumsi banyak buah, sayuran, serta menerapkan pola hidup sehat lainnya.

Okezone berhasil merangkum 5 kebiasaan makan orang-orang Jepang, yang mungkin bisa menjadi inspirasi Anda. Berikut ulasan lengkapnya.

BACA JUGA:

Chrissy Teigen Mengaku Pernah Membuatkan Cheesecake yang Tidak Enak Rasanya untuk Kanye West

Variasi makanan

Selama ini, orang Jepang selalu diidentikkan dengan sushi. Biasanya mereka akan mengolah hidangan tersebut dengan makanan laut (seafood). Selain itu, mereka juga sangat rutin mengonsumsi sayuran. Beberapa makanan tradisional seperti daging panggang, sup dan, teh pun masuk dalam menu makanan yang kerap dikonsumsi setiap hari. Tidak hanya itu, bagi mereka, buah-buahan, rumput laut, dan ikan kering merupakan makanan wajib yang wajib untuk dikonsumsi secara rutin.

Variasi memasak

Untuk mendapatkan hasil terbaik, orang Jepang selalu menggunakan teknik memasak yang berbeda untuk setiap resep makanan. Mulai dari teknik slow cooking, pengukusan, perebusan, dan masih banyak lagi. Pemilihan teknik tersebut dipercaya dapat menghasilkan nutrisi terbaik pada setiap menu masakan. Contohnya adalah sup. Orang Jepang biasanya akan mengolah hidangan ini dengan memanfaatkan beberapa jenis sayuran segar, lalu disajikan dengan nasi putih hangat.

Mengontrol porsi makanan

Sebagian orang menyantap makanan hanya untuk menimbulkan rasa kenyang pada perut mereka, dan mengabaikan beberapa hal penting termasuk kandungan nutrisi pada makanan yang mereka santap. Hal ini berbanding terbalik dengan kebiasaan orang Jepang. Mereka cenderung menyantap makanan secara perlahan karena trik ini dapat mengontrol porsi makanan yang dikonsumsi.

BACA JUGA:

Berani Coba? Es Krim Paling Pedas di Dunia Berjuluk Napas Iblis

Penggila teh

Dibandingkan dengan negara lain, warga Jepang ternyata sangat rutin mengonsumsi teh. Tradisi atau kultur minum teh di Negeri Sakura ini telah dilakukan sejak zaman dahulu. Apalagi sekarang sudah banyak bermunculan varian teh baru yang kaya akan nutrisi, salah satunya adalah teh hijau (matcha). Teh ini diklaim mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Jarang mengonsumi makanan manis (dessert)

Tidak dipungkiri bahwa Jepang menjadi salah satu negara yang memiliki berbagai olahan dessert nan lezat dan menguggah selera. Mulai dari anmitsu, wagashi, dan kohi zeru merupakan sederet toko makanan yang menjual olahan dessert. Tapi tahukah Anda, warga Jepang ternyata lebih menyukai makanan bercita rasa gurih karena dianggap lebih menyehatkan dibandingan dessert.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini