Cuci Tangan Minimal 20 Detik Ampuh Mencegah Berbagai Penyakit di Musim Hujan

Tiara Amalina, Jurnalis · Rabu 07 Februari 2018 12:49 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 07 481 1855958 cuci-tangan-minimal-20-detik-ampuh-mencegah-berbagai-penyakit-di-musim-hujan-XSdUVKBWIO.jpg Cuci tangan (Foto: Thought)

KEBERSIHAN tangan merupakan hal yang sangat penting.Karena sebagian besar kegiatan dilakukan menggunakan tangan. Jika Anda mengabaikan kebersihan tangan Anda, ada banyak dampak negatif yang siap menanti.

Karena itu Dailymail mencoba melihat seberapa bersih tangan dari kuman. Menggunakan Glo Germ yang digunakan di bawah sinar UV dan Anda bisa melihat betapa kotornya tangan Anda, serta menunjukkan betapa mudahnya kuman menyebar ke hal-hal yang Anda sentuh hampir setiap hari, seperti secangkir kopi dan keyboard.

Dailymail menguji perbedaan antara mencuci tangan selama lima detik, 20 detik hingga menggunakan hand sanitizer. Manakah yang lebih ampuh?

Tidak Dicuci

Menurut CDC: 'Cuci Tangan adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi diri dan keluarga Anda dari sakit.' Mereka menambahkan: 'Tangan bersih bisa menghentikan penyebaran kuman dari satu orang ke orang lain, tempat kerja Anda ke fasilitas penitipan anak dan rumah sakit.' Anda bisa menginfeksi diri sendiri dengan menyentuh mata, hidung dan mulut Anda dengan tangan yang penuh bakteri, seperti staph dan salmonella.

Mencuci Tangan Selama Lima Detik

CDC memperingatkan orang untuk mencuci tangan dan menutupi mulut mereka. Namun, periset di University of Maryland memperingatkan bahwa virus tersebut juga bisa menyebar dengan cara melintas di udara. Flu ini sangat berbahaya karena sementara kebanyakan orang yang mengalami demam, menggigil, nyeri otot, batuk, pilek, dan kelelahan, tidak semua yang terinfeksi menunjukkan gejala. Tes yang dilakukan menunjukkan bahwa mencuci tangan Anda selama 20 detik, seperti yang direkomendasikan oleh CDC, adalah pilihan terbaik Anda untuk melindungi dari kuman berbahaya dan tetap aman selama musim hujan.

Mencuci Tangan Selama 20 Detik

Dengan mencuci tangan selama 20 detik dengan bersih dan benar maka telapak tangan Anda akan terlihat benar-benar bersih.

Menggunakan Hand Sanitizer

Hand santitizer telah menjadi alternatif yang mudah digunakan untuk mencuci tangan daripada menggunakan sabun dan air, mengklaim menghilangkan 99,9 persen kuman. Tes kami menunjukkan ada beberapa kuman di celah tangan setelah menggunakan hand sanitizer. CDC merekomendasikan menggunakan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol karena mereka yang tidak beralkohol tidak dapat membunuh semua kuman dan mengiritasi kulit Anda.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini