Tak Perlu Multivitamin, 11 Makanan Ini yang Bisa Menyehatkan Fungsi Hati Secara Alami

Imeida Ulfa Ariyanti, Jurnalis · Rabu 07 Februari 2018 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 07 481 1856158 tak-perlu-multivitamin-11-makanan-ini-yang-bisa-menyehatkan-fungsi-hati-secara-alami-kqgRyAU7ja.jpg Sayuran (Foto: Moneycrashers)

HATI merupakan organ yang penting dalam tubuh. Hati mempunyai fungsi sebagai penetral racun dalam tubuh, mengatur gula darah dan juga mengahasilkan protein. Semua fungsi ini akan berjalan dengan baik jika hati dalam kondisi sehat. 

Untuk menjaganya tetap prima, hati juga perlu diberi nutrisi tambahan. Bagaimana caranya? Yakni dengan mengonsumsi 11 makanan berikut yang baik untuk kesehatan hati. Simak  pemaparan selengkapnya sebagaimana dikutip Boldsky, Rabu (7/2/2018).

 BACA JUGA:

Penjelasan Medis Mengapa Minum Teh Panas Bisa Sebabkan Kanker

Aneka sayur-sayuran

Semua orang tahu bahwa sayuran punya nutrisi baik untuk kesehatan tubuh, tak terkecuali hati. Mulai sekarang, coba perbanyak konsumsi sayur-sayuran. Mulai dari sayuran sejenis lobak seperti brokoli, kembang kol, kecambah, kubis, lobak yang kaya akan flavonoid dan carotenoid. Kandungan tersebut dapat menjaga kesehatan hati. Kemudian aneka sayuran hijau juga efektif meningkatkan fungsi hati untuk menetralisir racun di dalam tubuh.

Aneka biji-bijian dan kacang-kacangan

Biji-bijian dan kacang-kacangan kaya akan protein tinggi dan enzim yang bertindak sebagai katalisator untuk semua fungsi tubuh, termasuk hati. Perbanyak konsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan untuk mencegah infeksi hati.

Bawang putih

Mengonsumsi makanan yang mengandung bawang putih dapat menyehatkan organ hati karena di dalamnya terdapat alisin yaitu suatu zat yang dapat membantu hati mengeluarkan racun dan zat kimia berbahaya dalam tubuh.

Anggur

Mengonsumsi anggur merah dan ungu dapat meningkatkan kesehatan hati, karena pada anggur terdapat anti-inflamasi dan kaya akan antioksidan.

Kopi

Penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi kopi dapat melindungi hati dari penyakit yang serius dan mengurangi risiko terkena penyakit liver kronis.

Buah beri

Di dalam buah beri terdapat kandungan antioksidan dan antosianin. Kandungan tersebut dapat menjaga fungsi hati dengan baik. Untuk hasil yang maksimal, rutinlah konsumsi buah beri 3 kali dalam sepekan. Buah beri ini meliputi stroberi, bluberry, raspberry dan lain sebagainya.

Jus buah bit

Buah bit mengandung antioksidan dan nitrat tinggi. Hal tersebut dapat mengurangi kerusakan hati dan peradangan. Selain itu, buah bit juga bisa membantu fungsi hati dalam mendetoks racun di dalam tubuh.

Fatty fishes

Fatty fish seperti ikan mackerel dan salmon kaya akan omega 3 yang dapat menjaga kesehatan hati, mencegah penumpukan lemak dan meningkatkan produksi insulin.

Minyak zaitun

Dengan mengkonsumsi minyak zaitun sebanyak satu sendok makan setiap hari dapat meningkatkan enzim dan peredaran darah dengan baik.

Jahe

Jahe memiliki khasiat yang banyak untuk tubuh, antimikroba dan anti rangsangan yang ada pada jahe berfungsi melancarkan sirkualasi darah dalam tubuh dan mengurangi tingkat kolesterol dalam darah.

BACA JUGA:

Cuci Tangan Minimal 20 Detik Ampuh Mencegah Berbagai Penyakit di Musim Hujan

Telur

Pada telur terdapat protein dan asam amino yang memudahkan hati dalam melakukan proses detoksifikasi. Koenzim yang ada pada kuning telur dapat melindungi hati dari bahan kimia yang berbahaya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini