nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ternyata, Punya Sahabat di Kantor Bantu Meningkatkan Kualitas Kerja

Vessy Frizona, Jurnalis · Kamis 08 Februari 2018 17:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 08 196 1856702 ternyata-punya-sahabat-di-kantor-bantu-meningkatkan-kualitas-kerja-sa2DhcDDJX.jpg Punya sahabat di kantor bantu tingkatkan kualitas kerja (Foto:Ist)

SEMUA orang yang bekerja tahu, bahwa keberadaan mereka di kantor bukan sekadar mengerjakan tugas-tugas lalu pulang. Kontribusi lebih menjadi nilai plus yang berdampak terhadap peningkatan karier.

Dengan banyaknya tugas dan tingginya tuntutan hasil, maka penting sekali memiliki teman baik di kantor. Menurut sebuah penelitian, teman dekat di tempat kerja merupakan salah satu faktor paling penting untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan secara untuh di kantor. Menjalin persahabatan yang kuat dengan rekan kerja di kantor dapat meningkatkan segala hal di berbagai aspek, mulai dari kesehatan dan kesejahteraan hingga produktivitas dan pemikiran positif sehari-hari.

BACA JUGA:

Banyak Dapat Like di Instagram, Kini Muncul Meme Kocak Foto Bayi Kylie Jenner

Laporan tahun 2014 dari lembaga survei, Gallup menunjukkan bahwa sebanyak 70 persen karyawan tidak puas dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Namun, persentase ini bisa menurun jika persahabatan yang baik diciptakan di lingkungan kerja.

Mereka yang memiliki teman baik di tempat kerja ternyata mendapat kesempatan 7 kali lipat berbih besar untuk terlibat mengerjakan proyek penting dan mengerjakan tugas tambahan. Persahabatan ditempat kerja mendorong mereka untuk menggali potensi diri dan membawa hasil yang lebih baik bagi perusahaan.

Dampak ini rupanya dipengaruhi oleh kepribadian dasar manusia yang butuh teman dekat untuk memberi semangat dan menjalin kerja sama demi mencapai sesuatu. Penelitian dari perusahaan intelijen company, Evolv menemukan bahwa persahabatan di dalam sebuah tim dapat meningkatkan produktivitas secara besar-besaran.

"Sederhana saja, karyawan yang dirujuk oleh teman mereka cenderung berhenti merokok dan lebih produktif, karyawan yang dilatih dalam budaya 'bersahabat' biasanya bertahan dua kali lebih lama, dan jika seseorang memiliki teman di tempat kerja, mereka cenderung bertahan dalam pekerjaan itu," kata Dr. Michael Houseman, Direktur dari Analytics seperti dilansir Elle, Kamis (8/2/2018).

Jika seorang pekerja membutuhkan dukungan tambahan mereka bisa mengobrol selama lima menit di pantry. Pendapat ini disepakati oleh Alexander Kjerulf yang merupakan seorang penulis dan publik speaker. "Bersosialisasi dengan rekan kerja sangat penting untuk peningkatan karir," seperti dikutip Forbes.

 BACA JUGA:

Dampak Penggunaan Gadget pada Usia Anak Sekolah Terhadap Tumbuh Kembang Anak

"Jika sesorang tidak dapat berhubungan baik dengan rekan dan membangun hubungan positif, maka karier terancam akan menderita. Dengan bersosialisasi dan mengenal orang-orang di kantor membantu Anda berkomunikasi lebih baik, saling percaya satu sama lain dan bekerja lebih baik bersama-sama," sambungnya.

"Selain itu, karyawan yang memiliki hubungan kerja positif akan lebih bahagia di tempat kerja dan kita tahu bahwa orang-orang yang bahagia bekerja lebih produktif, lebih kreatif dan lebih sukses," tukasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini